Antisipasi Virus Corona di Tangsel

Kapolda Metro Jaya Sebutkan Keunggulan Gerai Vaksinasi Merdeka: Buka Pintu Langsung Dia Bisa Suntik

AA

Text Sizes

Medium

Large

Larger

Kapolda Metro Jaya, Irjen Pol Fadil Imran di Gerai Vaksinasi Pondok Aren, Tangsel, Kamis (30/9/2021)

TRIBUNJAKARTA.COM, PONDOK AREN - Kapolda Metro Jaya, Irjen Pol Fadil Imran mengunjungi tiga gerai Vaksinasi Merdeka aglomerasi di kawasan Tangaerang Selatan (Tangsel), hari ini, Kamis (30/9/20210.

Saat menyambangi gerai vaksinasi di kawasan Pondok Aren, Fadil mengungkapkan kelebihan gerai vaksinasi yang digagasnya itu.

"Gerai vaksinasi merdeka ini memiliki beberapa keunggulan. Antara lain dia bebas antrean. Coba dilihat tidak ada antrean yang panjang," kata Fadil.

Selain itu, karena banyaknya gerai vaksinasi, maka lokasinya dekat dengan domisili warga.

"Yang kedua dia berada di tengah tengah masyarakat di basis komunitas. Jadi buka pintu langsung dia bisa suntik," kata Fadil.

"Dan itu sangat diharapkan oleh masyarakat. Yang ketiga persyaratannya relatif sangat mudah. Dia cuma dengan KTP. Kalau tidak punya KTP cukup domisili dari RT," tambahnya.

Vaksinasi juga melibatkan kader kesehatan yang menyisir langsung ke rumah-rumah untuk jemput bola.

Baca juga: Datangi Rumah Duka, Presiden Jokowi Sampaikan Ucapan Belasungkawa ke Istri Sabam Sirait

Jika ada warga yang belum divaksin, maka akan langsung divaksin.

"Jadi rumah ke rumah itu di sisir supaya semua warga ikut vaksin. Nah ini adalah sebuah ekosistem yang sedang kita bangun dan Anda tahu relawan ini semuanya mahasiswa, bidan, perawat dan macam macam," kata dia.

Fadil berharap dengan masifnya vaksinasi akan cepat terbentuk kekebalan komunal atau herd immunity di tengah pandemi Covid-19.

"Tangerang selatan ini sudah 69,5 persen. Mungkin dalan dua sudah bisa tercapai 20 persen. Tangkot sudah 80 persen. Tapi ini bukan soal angka kalau kita kerjakan dengan model seperti ini saya kira semua masyarakat bisa mendapatkan haknya untuk divaksin," pungkasnya.

Diketahui, di Tangsel, terdapat 162 gerai vaksinasi merdeka yang tersebar di 54 kelurahan.