Lapas Tangerang Terbakar

Pasien Terkahir Korban Kebakaran Lapas Tangerang Sudah Kembali Menjalani Hukuman

Penulis: Ega Alfreda
Editor: Wahyu Septiana
AA

Text Sizes

Medium

Large

Larger

Suasana terkini Lapas Kelas 1 Tangerang yang terjadi kebakaran maut menewaskan 44 warga binaan pemasyarakatan (WBP)- Satu Warga Binaan Pemasyarakatan (WBP) alias narapidana terakhir korban kebakaran maut di Lapas Kelas 1 Tangerang sudah dinyatakan sembuh.

Laporan Wartawan TribunJakarta.com, Ega Alfreda

TRIBUNJAKARTA.COM, TANGERANG - Satu Warga Binaan Pemasyarakatan (WBP) alias narapidana terakhir korban kebakaran maut di Lapas Kelas 1 Tangerang sudah dinyatakan sembuh.

Adalah Y (33) seorang WBP yang jadi pasien terakhir di RSUD Kabupaten Tangerang akibat kebakaran maut tersebut sudah dikembalikan ke Lapas Kelas 1A Tangerang.

Lilik Helmiati selaku Staff Instalasi Hukum Publikasi dan Informasi (HPI) RSUD Kabupaten Tangerang mengatakan, Y sudah dikembalikan ke lapas untuk melanjutkan hukumannya sejak dua pekan lalu.

"Memang belum sembuh total, pasti ada bekas tapi sudah diperbolehkan pulang sama dokter spesialisnya. Tapi masih harus melakukan pengobatan rawat jalan," ucap Lilik saat dihubungi, Jumat (22/10/2021).

Alasan utamanya Y dikembalikan ke lapas lantaran sudah tidak lagi jadwal operasi debridement.

IGD RSUD Kabupaten Tangerang, Jalan Ahmad Yani, Tangerang, Kota Tangerang, Rabu (8/9/2021). (TribunJakarta/Jaisy Rahman Tohir)

Sebagai informasi, debridement adalah operasi pembersihan luka, pengangkatan jaringan yang terbakar.

Tujuannya, yakni meringankan peradangan yang dialami korban. 

"Sudah dikembalikan ke Lapas dua minggu lalu. Namun, tetap harus kontrol selama satu minggu sekali ke RSUD Kabupaten Tangerang," sambung Lilik.

Lilas balik, Lapas Kelas 1 Tangerang teebakar pada Rabu (8/9/2021) dini hari.

Baca juga: Lapas Tangerang Disidak Pasca-kebakaran Maut, Hasilnya Berbagai Sajam hingga Napi Positif Narkoba

Akibat kebakaran itu, 41 napi tewas di tempat dan puluhan warga binaan terluka.

Menyusul delapan WBP meninggal saat dirawat di RSUD Kabupaten Tangerang sehingga total ada 49 narapidana yang tewas dari kebakaran tersebut.