Bertahun-tahun Tutup, Terminal 2F Bandara Soekarno-Hatta Buka Kembali Penerbangan Internasional

Penulis: Ega Alfreda
Editor: Wahyu Septiana
AA

Text Sizes

Medium

Large

Larger

Dalam tahap awal pembukaan penerbangan internasional, Terminal 2F hanya akan melayani penerbangan khusus umrah dari Maskapai Lion Air, Sabtu (1/10/2022).

Laporan Wartawan TribunJakarta.com, Ega Alfreda

TRIBUNJAKARTA.COM, TANGERANG - Setelah beberapa tahun ditutup untuk penerbangan internasional, kini Terminal 2F Bandara Soekarno-Hatta telah difungsikan kembali.

Sebagaimana diketahui, Terminal 2F Bandara Soekarno-Hatta melayani penerbangan internasional.

Dalam tahap awal pembukaan penerbangan internasional, Terminal 2F hanya akan melayani penerbangan khusus
umrah dari Maskapai Lion Air.

Menanggapi hal ini, Kepala Kantor Imigrasi Kelas I Khusus TPI Soekarno-Hatta, Muhammad Tito Andrianto mengakusudah menyiapkan berbagai sarana dan prasana pendukung untuk melancarkan proses pemeriksaan keimigrasian di Terminal 2F.

"Jauh sebelum pembukaan kembali Penerbangan Internasional lewat Terminal 2F ini, berbagai persiapan telah kita lakukan," kata Tito, Minggu (1/10/2022).

Baca juga: Petugas Bandara Soekarno-Hatta Geledah Isi Celana Dalam Penumpang, Dapat Narkoba Asal Malaysia

"Mulai dari kesiapan sistem pemeriksaan, hingga kesiapan para petugas dilapangan, koordinasi dengan berbagai stakeholder di Bandara telah kita lakukan," sambungnya.

Hingga saat ini telah disiagakan sebanyak 12 Konter Pemeriksaan Keimigrasian di Terminal 2F.

Dalam tahap awal pembukaan penerbangan internasional, Terminal 2F hanya akan melayani penerbangan khusus umrah dari Maskapai Lion Air, Sabtu (1/10/2022). (TRIBUNJAKARTA.COM/EGA ALFREDA)

Menurut dia, pembukaan kembali Terminal 2F ini tentu menjadi sinyal positif akan adanya pemulihan dari sektor penerbangan.

Apa lagi setelah diterpa landemi Covid-19 yang telah melanda Indonesia beberapa tahun terakhir.

"12 Konter lemeriksaan yang kita siapkan telah kita cek dan pastikan sistem perlintasan telah berjalan dengan baik, versi yang digunakan pun telah yang terbaru sama dengan sistem di Terminal 3," terang Tito.

Meski dalam tahap awal pembukaan, Terminal 2F hanya melayani penerbangan khusus umrah.

Namun, Tito menegaskan bahwa hal ini tentu tidak akan mengurangi kesiagaan pihaknya dalam melakukan pemeriksaan.

Baca juga: Butuh 90.000 Vial Per Tahun, Pelayanan Vaksin Meningitis di KKP Soekarno-Hatta Buka Lagi Oktober

"Saya selalu menegaskan kepada para petugas dilapangan agar tetap waspada dalam melakukan tugas, potensi akan penyalahgunaan visa umrah pasti akan ada," tutur Tito.

Sebagai informasi tambahan, pada hari pertama pembukaan penerbangan internasional lewat Terminal 2F, sebanyak 970 penumpang telah diizinkan untuk keluar wilayah Indonesia.

Semua penumpang ini merupakan calon jemaah umrah yang menggunakan maskapai Lion Air dengan nomor penerbangan JT80-JT86-JT110.