Antisipasi Virus Corona di DKI

Stok Vaksin Covid-19 Kembali Tersedia, Puskesmas Kramat Jati Membeludak Diserbu Warga

Penulis: Bima Putra
Editor: Jaisy Rahman Tohir
AA

Text Sizes

Medium

Large

Larger

Warga Lansia peserta vaksinasi Covid-19 booster kedua di Puskesmas Kecamatan Kramat Jati, Jakarta Timur, Minggu (27/11/2022).

Laporan Wartawan TribunJakarta.com, Bima Putra

TRIBUNJAKARTA.COM, KRAMAT JATI - Warga menyerbu Puskesmas Kecamatan Kramat Jati, Jakarta Timur setelah stok vaksin Covid-19 kembali tersedia.

Kepala Puskesmas Kecamatan Kramat Jati, Inda Mutiara mengatakan jumlah warga yang mengikuti vaksinasi Covid-19 kembali melonjak setelah pada bulan Oktober 2022 lalu stok sempat menipis.

Stok vaksin Covid-19 dari Kementerian Kesehatan yang sebelumnya sempat menipis di Puskesmas Kecamatan Kramat Jati pun kini sudah tersedia untuk melayani warga.

"Begitu dibuka langsung ramai lagi. Jadi tenda vaksin kita yang kemarin kosong melompong sekarang banyak lagi. Satu bulan ini kami sudah mulai berjalan lagi," kata Inda, Minggu (27/11/2022).

Untuk sekarang vaksin Covid-19 yang tersedia di Puskesmas Kecamatan Kramat Jati yakni jenis Pfizer, penggunaannya untuk usia 12 tahun hingga warga lanjut usia (Lansia).

Vaksin Pfizer yang tersedia di Puskesmas Kelurahan dan Kecamatan ini dapat digunakan baik untuk warga yang baru menjalani dosis satu dan dua, maupun dosis booster pertama dan kedua.

Baca juga: Puluhan Lansia Antusias Ikuti Vaksinasi Covid-19 Booster Kedua di Kramat Jati

"Sekarang banyak lagi, kesadarannya (warga) tinggi dan mungkin untuk berpergian di akhir tahun. Kan menjadi syarat keberangkatan. Kita hari Sabtu dan Minggu juga pelayanan," ujarnya.

Selain di Puskesmas Kecamatan dan Kelurahan, selama bulan November hingga Desember pada hari Sabtu dan Minggu pihaknya juga membuka layanan vaksinasi Covid-19 di Lippo Kramat Jati.

Warga Lansia peserta vaksinasi Covid-19 booster kedua di Puskesmas Kecamatan Kramat Jati, Jakarta Timur, Minggu (27/11/2022).(1)

Inda menuturkan terhitung Minggu (27/11) pihaknya juga sudah membuka layanan vaksinasi Covid-19 booster kedua bagi warga Lansia yang termasuk kelompok rentan terpapar Covid-19.

Antusias para Lansia menjalani vaksinasi Covid-19 booster kedua pun tinggi, karena sebelum pelayanan dibuka pukul 08.30 WIB mereka sudah berdatangan ke Puskesmas Kecamatan Kramat Jati.

Interval vaksinasi Covid-19 booster kedua bagi Lansia minimal enam bulan sejak dosis pertama booster, sesuai intruksi dari Kementerian Kesehatan (Kemenkes) dan Dinas Kesehatan DKI Jakarta.

"Sasaran seluruhnya untuk Lansia kami ada sekitar 250 ribu. Dan untuk dosis satu booster sudah mencapai sekitar 50 persen. Mudah-mudahan tercapai karena tujuannya untuk melindungi," tuturnya.

Berita Terkini