Cerita Zaskia Adya Mecca Saat Anak Alami Pneumonia, Sesak Tak Bisa Napas

AA

Text Sizes

Medium

Large

Larger

Zaskia Adya Mecca

Laporan wartawan TribunJakarta.com, Pebby Adhe Liana

TRIBUNJAKARTA.COM, JAKARTA - Zaskia Adya Mecca berbagi pengalaman saat sang buah hati alami sakit pneumonia.

Belum lama ini, diketahui salah satu buah hati dari Zaskia dan sutradara Hanung Bramantyo, Bhai Kaba Bramantyo, mengalami sakit pneumonia hingga harus dilarikan ke rumah sakit.

Lantaran alami sakit yang cukup parah, Kaba bahkan sampai tiga berpindah rumah sakit. 

"Jadi Kaba itu anak asma. Awalnya aku pikir, batuk pilek biasa, asma, terus aku kasih uap.
Pas sudah aku kasih uap, kok saturasinya bukannya naik malah turun," ungkap Zaskia ditemui di JCC Senayan, baru-baru ini.

Awal mulanya, kata Zaskia dirinya hanya mengira sang anak mengalami batuk pilek biasa.

Lantaran memiliki riwayat asma, ia menduga sakit yang dialami hanya sesak napas yang tidak terlalu parah.

Baca juga: Zaskia Adya Mecca Lebih Suka Pijat Anak Sendiri Ketimbang Pakai Jasa Tukang Urut

Namun istri Hanung Bramantyo itu pun panik bukan main, ketika mendapati saturasi oksigen Kaba terus menurun meski sudah mendapatkan penanganan.

"Biasanya, kalau sudah di uap, saturasinya naik. Tapi ini dari 91, turun sampai 86 dan jarak waktunya pendek banget. Panik, gak tau harus ngapain, sampai akhirnya ke rumah sakit. Aku sempet lari-lari pindah rumah sakit. Pas di rumah sakit ketiga, baru dicek ternyata ini pneumonia," imbuhnya.

Ia pun bercerita bahwa sang anak harus mengalami gejala sesak napas yang cukup parah hingga harus dirawat sekitar seminggu lamanya. 

Hal ini, sontak membuat Zaskia kemudian memilih untuk meninggalkan berbagai aktivitas kesibukannya demi menjaga sang buah hati.

Berkaca dari hal ini, ia pun turut berpesan agar setiap orangtua tak abai membawa si kecil melakukan imunisasi lengkap sesuai dengan usia.

Keluarga Zaskia Adya Mecca dan Hanung Bramantyo (Instagram/zaskiadyamecca)

Sebab, lewat vaksin dan imunisasi anak memiliki perlindungan lebih dari berbagai penyakit yang cukup parah.

"Semua aku tinggalin. Kerjaan, jadwal-jadwal yang lain, karena emang kalau anak sakit, fokus udah ke dia aja. Jadi selalu berharap gimana jaga imun tubuh anak tetap baik," kata Zaskia.

"Makanya buat semua ibu-ibu, plis vaksin wajib dari pemerintah jangan sampe lewat. Anakku alhamddulillah udah. Anakku yang udah kena vaksin PCV aja, gejalanya tetap berat buat aku kemarin. Aku gak kebayang kalau dia gak dapat vaksin saat kecil tuh gimana," paparnya.

"Dia gak bisa napas lah. Saturasi orang normal 97 keatas, dia 86. Kita aja turun dibawah 95 susah banget napas. Jadi aku gak mau membayangkan yang dia rasakan," pungkasnya.

Berita Terkini