Ketua DPR: Program Keluarga Harapan dan Bantuan Sosial Rastra Harus Tepat Sasaran Penerimanya

Dalam jangka panjang program ini diyakini mampu memutus mata rantai kemiskinan

Ketua DPR: Program Keluarga Harapan dan Bantuan Sosial Rastra Harus Tepat Sasaran Penerimanya
istimewa
Ketua DPR RI Bambang Soesatyo 

TRIBUNJAKARTA.COM, JAKARTA - Ketua Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) Bambang Soesatyo menilai Program Keluarga Harapan (PKH) dan bantuan sosial Beras Sejahtera (Rastra) efektif menurunkan angka kemiskinan dan ketimpangan sosial.

Dalam jangka panjang program ini diyakini mampu memutus mata rantai kemiskinan.

Mantan Ketua Komisi III yang kerap dipanggil Bamsoet ini mengemukakan program Keluarga Harapan mampu membuka akses keluarga miskin terutama ibu hamil dan anak.

Dengan program yang saat ini didorong turut menjangkau kaum difabel dan lanjut usia ini, masyarakat dikatakannya dapat memanfaatkan berbagai fasilitas layanan kesehatan dan fasilitas layanan pendidikan yang tersedia di sekitar mereka.

“Manfaat Program Keluarga Harapan juga didorong untuk mencakup penyandang disabilitas dan lanjut usia dengan mempertahankan taraf kesejahteraan sosialnya sesuai dengan amanat konstitusi dan Nawacita Presiden RI," kata Bamsoet, dalam keterangan persnya, yang diterima Warta Kota Selasa (27/2/2018).

Baca: 20 Tahun Mengabdi, Natanael Terima Laporan Warga sampai Jadi Saksi di Sidang Cerai Ahok-Vero

Sementara program bantuan sosial Rastra yang dipandang transformasi dari Beras untuk Keluarga Miskin (Raskin) diyakini Bamsoet mampu mengurangi kemiskinan dan menjaga laju inflasi. Ia memastikan Beras Sejahtera memiliki kualitas lebih baik dibanding Raskin.

"Saya pastikan Beras Sejahtera yang diberikan tidak seperti program beras Raskin. Beras Sejahtera berkualitas medium dan sangat layak dikonsumsi masyarakat. Pelaksanaan proram Rastra sangat penting, karena naik turunnya angka kemiskinan dan inflasi, jauh lebih besar ditentukan komoditi makanan dibanding non makanan," ujarnya.

Bamsoet bersama Menteri Sosial Idrus Marham menyerahkan bantuan sosial Program Keluarga Harapan (PKH) dan Bantuan Soaial Beras Sejahtera (Rastra) kepada masyarakat Kabupaten Kebumen, Jawa Tengah. Bantuan sosial Program Keluarga Harapan senilai Rp 140 miliar tersebut diberikan kepada 74.226 penerima manfaat. Sementara bantuan sosial Beras Sejahtera senilai Rp 156 miliar diserahkan kepada 118.235 keluarga.

Bamsoet meyakini melalui kedua bantuan sosial ini, taraf hidup masyarakat bisa terangkat menjadi lebih baik.

Halaman
123
Editor: Muhammad Zulfikar
Sumber: Warta Kota
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help