Mapolres Jakarta Utara Berikan Jarak Khusus Pemeriksaan Pengunjung

"Kami imbau untuk masyarakat sementara tidak bisa masuk ke dalam Polres, silakan parkir di luar Polres," kata Wakapolres.

Mapolres Jakarta Utara Berikan Jarak Khusus Pemeriksaan Pengunjung
TRIBUNJAKARTA.COM/GERALD LEONARDO AGUSTINO
Pengamanan di Mapolrestro Jakarta Utara, Senin (14/5/2018). 

Laporan Wartawan TribunJakarta.com, Gerald Leonardo Agustino

TRIBUNJAKARTA.COM, TANJUNG PRIOK - Wakapolres Metro Jakarta Utara AKBP Adi Vivid menginstruksikan langsung metode pemeriksaan barang bawaan serta pengecekan badan pengunjung yang hendak masuk ke Polrestro Jakarta Utara hari ini, Senin (14/5/2018).

Metode pengamanan tersebut dilakukan pasca ditetapkannya wilayah Jakarta menjadi siaga satu serta ledakan bom di Polrestabes Surabaya pagi ini.

Pantauan TribunJakarta.com, dari jarak sekira 30 meter sebelum memasuki gerbang Polres, polisi memberhentikan pengunjung dan memberikan arahan agar mereka membuka isi tas mereka sebelum masuk ke Polres.

Setelahnya, mereka diberhentikan persis di depan gerbang masuk dan polisi melakukan pengecekan badan.

Pengamanan di Mapolrestro Jakarta Utara, Senin (14/5/2018).
Pengamanan di Mapolrestro Jakarta Utara, Senin (14/5/2018). (TRIBUNJAKARTA.COM/GERALD LEONARDO AGUSTINO)

Instruksi tersebut langsung diberikan Adi Vivid kepada anggotanya saat dirinya memberhentikan seorang pengunjung yang hendak masuk.

"Kita tadi sedang memersiapkan bagaimana melatih anggota, bagaimana nanti menghadapi apabila melakukan pemeriksaan terhadap pengunjung yang datang," kata Adi usai memberikan instruksi di depan gerbang Mapolrestro Jakarta Utara, Tanjung Priok, Jakarta Utara.

Pengunjung yang datang juga tidak diperbolehkan masuk ke dalam Polres menggunakan kendaraan.

"Kami imbau untuk masyarakat sementara tidak bisa masuk ke dalam Polres, silakan parkir di luar Polres," kata Wakapolres.

Baca: Bomber Serang Polrestabes Surabaya, Kawat Berduri Lindungi Pintu Masuk Polres Jakarta Utara

Selain itu, beberapa polisi yang berjaga di depan gerbang Polres Jakarta Utara juga dibekali rompi anti peluru serta senjata laras panjang.

Terdapat pula barikade berkawat besi diletakkan di depan gerbang. Dikatakan Adi, barikade itu menjadi batas parameter aman guna mencegah kontak langsung antara pengunjung dengan polisi yang berjaga.

Sejumlah aparat kepolisian Polres Metro Jakarta Utara disiagakan di depan gerbang Mapolrestro Jakarta Utara Senin (14/5/2018) pagi ini.
Sejumlah aparat kepolisian Polres Metro Jakarta Utara disiagakan di depan gerbang Mapolrestro Jakarta Utara Senin (14/5/2018) pagi ini. (TRIBUNJAKARTA.COM/GERALD LEONARDO AGUSTINO)

Hal tersebut dipertimbangkan setelah ledakan bom bunuh diri di Polrestabes Surabaya pagi ini sempat mengenai polisi.

"Jadi kita memang ada jarak supaya mepertimbangkan resiko anggota menjadi korban. Tadi kita liat dari rekaman yang beredar begitu distop polisi menjadi korban, nah itulah yang diharapkan oleh teroris. Makanya kita disini buat parameter aman, jadi tidak berdekatan langsung antara yang kita lakukan pemeriksaan dengan anggota kepolisian," kata Adi.

Penulis: Gerald Leonardo Agustino
Editor: Wahyu Aji
Sumber: Tribun Jakarta
Ikuti kami di
KOMENTAR

berita POPULER

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help