Tingkatkan Saluran Listrik di Jakarta, PLN Bangun Tower 500 Kilovolt di Jakarta Barat

Perusahaan Listrik Negara (PLN) membangun transmisi 500 kv Looping Jakarta, Section Kembangan-Duri Kosambi dan Section Duri Kosambi-Muara Karang.

Tingkatkan Saluran Listrik di Jakarta, PLN Bangun Tower 500 Kilovolt di Jakarta Barat
TribunJakarta/Elga Hikari Putra
Towertransmisi 500 kv Looping Jakarta, Section Kembangan-Duri Kosambi dan Section Duri Kosambi-Muara Karang dibangun di area‎ Gardu Induk Duri Kosambi, Cengkareng, Jakarta Barat 

Laporan Wartawan TribunJakarta.com, Elga Hikari Putra

TRIBUNJAKARTA.COM, CENGKARENG - Perusahaan Listrik Negara (PLN) membangun transmisi 500 kv Looping Jakarta, Section Kembangan-Duri Kosambi dan Section Duri Kosambi-Muara Karang.

Pembangunan tower itu dilakukan di area‎ Gardu Induk Duri Kosambi, Cengkareng, Jakarta Barat dan memakan biaya sekitar Rp 670 miliar.

Direktur Bisnis Regional Jawa Bagian Barat, Haryanto WS mengatakan model tower yang dibangun di tempat ini menggunakan teknologi  terbaru dan baru pertama kali diterapkan di Indonesia.

Pantauan wartawan ‎TribunJakarta.com, model tower yang sedang dibangun memang berbeda dibanding bentuk tower lainnya.

Selain ukurannya yang lebih tinggi, tower baru ini juga pondasinya terlihat lebih simpel.

"‎Teorinya sederhana, kalau tegangan lebih besar maka dari 150 ke 500 kv maka perlu tower yang lebih besar, maka perlu kaki yang lebih lebar," kata Haryanto di Gardu Induk Duri Kosambi, Cengkareng, Jakarta Barat, Senin (22/10/2018).

"Kita menggunakan tapak towernya sama dengan tapak tower yang lama. Sehingga kita desain model baru dengan keterbatasan lahan yang kita miliki‎," sambungnya.

Haryanto menjelaskan pembangunan tower tersebut bertujuan untuk meningkatkan penyaluran tenaga listrik untuk wilayah Jakarta dan sekitarnya.

Selain itu, pembangunan ini juga untuk menyalurkan energi murah dari Pusat Pusat Pembangkit yang berada di Utara Jawa.

KPK Kembali Periksa Dirut PLN Sofyan Basir

PLN Area Depok Tanggapi Aduan Masyarakat Terkait Oknum Petugas yang Terlibat Pemutusan Listrik

Cek Kabel Semrawut di Jakarta, Anies Baswedan Naik Moge bersama GM PLN

"Nantinya diharapkan biaya produksi pokok PLN dapat semakin turun sehingga membantu PLN di dalam melaksanakan tugas yang diberikan negara," kata Haryanto.

‎Haryanto menjelaskan Section Duri Kosambi-Kembangan dengan panjang transmisi 7 kms setinggi16 tower dan Section Duri Kosambi–Muara Karang dengan panjang transmisi 22 kms setinggi 40 tower merupakan bagian dari Jaringan Looping Jakarta yaitu Balaraja–Kembangan–Duri Kosambi-Muara Karang-Priok-Muara Tawar. 

"Kita harapkan ‎pembangunan Looping Jakarta Section Duri Kosambi-Kembangan dapat beroperasi di Juni 2019 dan section Duri Kosambi-Muara Karang pada Desember 2019," katanya.

Ia menambahkan, pembangunan Jalur Transmisi 500 kv Looping ini dilaksanakan dengan memanfaatkan jalur transmisi 150 kV yang sudah ada dengan mengupgrade meningkatkan jalur tersebut.

Penulis: Elga Hikari Putra
Editor: Erik Sinaga
Sumber: Tribun Jakarta
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved