Kapolda Metro Jaya: Kapolres Jangan Takut Tindak Anggota yang Pakai Narkoba

Idham Azis menilai, penindakan untuk kasus penyalahgunaan narkoba pada anggota kepolisian harusnya lebih tegas dibanding kepada warga sipil.

Kapolda Metro Jaya: Kapolres Jangan Takut Tindak Anggota yang Pakai Narkoba
TRIBUNJAKARTA.COM/GERALD LEONARDO AGUSTINO
Kapolda Metro Jaya Irjen Idham Azis di Mapolres Metro Jakarta Utara, Rabu (5/12/2018). 

Laporan Wartawan TribunJakarta.com, Gerald Leonardo Agustino

TRIBUNJAKARTA.COM, KOJA - Kapolda Metro Jaya Irjen Pol Idham Azis menegaskan para Kapolres di wilayah hukum Polda Metro Jaya untuk menindak tegas apabila ada anggotanya yang mengonsumsi narkoba.

Kapolda memerintahkan seluruh Kapolres untuk pecat anggota yang mengonsumsi narkoba.

Idham meminta para Kapolres untuk tidak takut menindak meskipun anggota yang terlibat ada kedekatan dengan pimpinan dengan jabatan lebih tinggi.

"Ambil langkah, jangan nggak enak, enggak enak. Ini ada saudaranya di Mabes lah. Nggak ada itu. Penegakkan aturan itu nggak ada bujuk rayu. Emangnya di tempat karaoke bujuk rayu itu. Penegakkan aturan ya dengan disiplin, kalau dia melanggar ya tindak, apalagi soal prinsip," kata Idham dalam sambutannya di sela-sela kunjungan ke Mapolres Metro Jakarta Utara, Rabu (5/12/2018).

Idham mengatakan belum lama ini ada empat anggotanya yang terjerat kasus narkoba.

Kunjungan ke Mapolres Jakarta Utara, Kapolda Metro Jaya Ingatkan Anggotanya Kerja Keras

Pimpinan pun langsung memecat empat anggota yang menurut Idham bertugas di Ditsabhara Polda Metro Jaya itu.

"Di Direktorat Sabhara ada empat anggota yang ketangkap narkoba. Saya prihatin anggota itu baru Berpangkat Bripda. NRP 94 kalo nggak salah, artinya dia baru berumur 24 tahun. Ketangkap empat orang," kata Kapolda.

Idham mengaku selalu naik pitam apabila mendengar ada anggotanya yang terlibat kasus narkoba.

Oleh karenanya pada setiap kesempatan ia selalu mengingatkan para anggotanya untuk tidak menyentuh barang haram tersebut.

"Kalau dengar ada anak buah saya kena narkoba langsung leher saya sakit, saya udah senior ini langsung pengen datang ke tahanan saya tempelengin itu. Kalau saya dulu masih kopral taruna saya gamparin itu. Ingat kalau kau pake narkoba akan merusak dirimu dan keluarga dan masa depanmu," tegas Idham.

Kapolda Metro Jaya Irjen Pol Idham Azis menilai, penindakan untuk kasus penyalahgunaan narkoba pada anggota kepolisian harusnya lebih tegas dibanding kepada warga sipil.

Saat Berfoto dengan Anggotanya, Kapolda Metro: Jangan Salam 1 atau 2 Jari, Lebih Baik Salam Komando

Bahkan, Idham menyebut polisi yang memakai narkoba harus dihukum mati.

"Kalau hukuman sipil yang pakai narkoba itu bisa sampai 10 tahun, kalau Polisi yang tahu aturan main, tahu Polisi pakai narkoba itu harusnya dia di hukum mati. Itu yang benar, karena dia sudah tahu narkoba itu tidak boleh tapi dia masih pakai," kata Idham.

Penulis: Gerald Leonardo Agustino
Editor: Wahyu Aji
Sumber: Tribun Jakarta
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved