Sembilan Titik Kemacetan Jadi Kendala Trans Patriot Bisa Tiba Tepat Waktu di Tiap Halte

Namun, selama uji coba berlangsung, nampaknya target pelayanan tersebut tidak berjalan dengan baik

Sembilan Titik Kemacetan Jadi Kendala Trans Patriot Bisa Tiba Tepat Waktu di Tiap Halte
TribunJakarta.com/Yusuf Bachtiar
Bus Trans Patriot saat uji coba operasional hari pertama, Senin (26/11/2018). 

Laporan Wartawan TribunJakarta.com, Yusuf Bachtiar

TRIBUNJAKARTA.COM, BEKASI TIMUR - Uji coba angkutan masal Trans Patriot masih berlangsung sejak, Senin, 26 November 2018.

Sejumlah kendala dihadapi pengelola dalam menjalankan pelayanan sembilan armada bus yang tersedia.

Salah satunya adalah masalah kemacetan lalu lintas yang menggangu waktu jarak tempuh bus. Perusahaan Umum Mitra Patriot (PDMP) selaku pengelola, memiliki standar pelayanan ketersediaan bus di tiap halte (headway) 15 menit sekali.

Namun, selama uji coba berlangsung, nampaknya target pelayanan tersebut tidak berjalan dengan baik. Hal itu diungkapkan Humas PDMP Iqbal Daut yang menilai, kemacetan masih jadi kendala mendasar pihaknya untuk meningkatkan layanan ketepatan waktu tiba bus di tiap halte.

"Kendala itu memang ada di headway yang tidak bisa dihindari," kata Iqbal, di Bekasi, Kamis, (6/12/2018).

Normalnya kata dia, satu bus ditargetkan menempuh waktu 2,5 jam hingga 3 jam per satu putaran trayek (rit). Adapun taryek yang dilayani Trans Patriot yakni Terminal Bekasi Harapan Indah dan Harapan Indah Terminal Bekasi.

Dari trayek itu, terdapat dua rute dengan 32 halte atau titik pemberhentian yang dilintasi, rute pertama Terminal Bekasi tujuan Harapan Indah berjarak 14,7 km, sedangkan Harapan Indah menuju Terminal Bekasi berjarak 9,6 km.

"Dari yang normal 2,5 jam bisa sampai 4 jam, karena rata-rata kemakan waktu 10 menit di tiap titik kemacetan," jelas dia.

Berpeluang Rebut Juara Liga 1 2018, Pelatih Persija Belum Mau Pikirkan Perayaan Juara

Ditengah Keterbatasan Fisik, Para Penyandang Disabilitas Tetap Semangat Belajar Mengaji

Menurut pengamatan pihaknya, selama uji coba berlangsung, terdapat sembilan titik kemacetan di rute Trans Patriot. Titik pertama berada lampu merah Bulak Kapal, lalu titik kedua di depan BTC hingga lampu merah Tol Bekasi Timur.

Titik ketiga yakni Rawapanjang halte Setia Kawan hingga Pekayon, kemudian titik ke keempat di depan Pertokoan Kranji, titik kelima di lampu merah Alexindo Jalan Sultan Agung.

Lanjut dari trayek Harapan Indah ke Terminal Bekasi, titik keenam yakni Stasiun Kranji, titik Ketujuh Stasiun Bekasi, titik kedelapan lampu merah Pasar Proyek, dan titik kesembilan di depan Pasar Baru hingga menuju Terminal Bekasi.

"Berarti kalau ada sembilan titik kemacetan bisa sampai 1,5 jam kemakan waktunya karena macet," jelas dia.

Dari target 15 menit tiba di tiap halte, sejauh ini target tersebut belum dapat terealisasikan.

"Headwaynya bisa lebih dari 15 menit, nah yang mestinya jam 5 pagi sampai jam 8 malam bus beroperasi bisa sampai 7 atau 8 rit, ini kita hanya mampu 4, atau 5 atau 6 rit sehari. Itu juga udah paling maksimal," jelas dia.

Penulis: Yusuf Bachtiar
Editor: Muhammad Zulfikar
Sumber: Tribun Jakarta
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved