Lion Air JT610 Jatuh

Harapan KNKT Ungkap Penyebab Kecelakaan Pesawat Lion Air PK-LQP dengan Temuan CVR

Komite Nasional Keselamatan Transportasi (KNKT) bakal sibuk membersihkan dan mengunduh data dari dalam 'kotak hitam' itu.

Harapan KNKT Ungkap Penyebab Kecelakaan Pesawat Lion Air PK-LQP dengan Temuan CVR
TribunJakarta/Gerald Leonardo Agustino
Ketua Sub-Komite Investigasi Kecelakaan Penerbangan KNKT, Nurcahyo Utomo. 

Laporan Wartawan TribunJakarta.com, Gerald Leonardo Agustino

TRIBUNJAKARTA.COM, TANJUNG PRIOK - Setelah black box rekaman suara kokpit atau cockpit voice recorder (CVR) Lion Air PK-LQP ditemukan, Komite Nasional Keselamatan Transportasi (KNKT) bakal sibuk membersihkan dan mengunduh data dari dalam 'kotak hitam' itu.

Kemudian, semua data yang ada di dalam memori CVR akan dianalisa dalam waktu yang masih belum dapat ditentukan.

Ketua Sub-Komite Investigasi Kecelakaan Penerbangan KNKT, Nurcahyo Utomo menjelaskan, meski CVR bukan satu-satunya alat penting untuk mengungkap penyebab kecelakaan Lion Air PK-LQP pada 29 Oktober 2018 lalu, namun apa yang dicari KNKT dalam CVR terbilang krusial.

CVR berisi seluruh rekaman suara kokpit ketika pesawat melakukan penerbangan dalam waktu tertentu: pada penerbangan Lion Air PK-LQP terakhir rute Jakarta-Pangkalpinang, berlangsung selama 13 menit.

KNKT hendak memastikan apa yang dibicarakan pilot Bhavye Suneja dan co pilot Harvino pada saat lepas landas sebelum kecelakaan terjadi, terutama terkait keputusan yang mereka ambil di kokpit.

"Kita kan sudah ada FDR. Nah yang kita pengen denger itu waktu ada masalah ini apa diskusi yang terjadi antar pilotnya. Bagaimana mengambil keputusan. Alasannya apa, nah itulah yang kita pengen lihat. Mengapa kok dia punya pandangan seperti ini pas terjadi masalah ini," beber Nurcahyo, Senin (14/1/2019) di Dermaga JICT II, Tanjung Priok, Jakarta Utara.

Rekaman suara dalam CVR, apabila sudah diunduh dan dianalisa, akan menjadi kelengkapan dari data yang telah dimiliki KNKT terkait dugaan penyebab jatuhnya Lion Air PK-LQP

Apapun suara yang ada dalam rekaman bisa jadi sangat krusial untuk melihat apa yang terjadi ketika kecelakaan terjadi.

"Apapun yang ada di kokpit, suara warning misalnya, suara warning kadang ada bunyi ping, ada bunyi tet-tet-tet. Ada bunyi apa nanti kita lihat," kata Nurcahyo.

Halaman
123
Penulis: Gerald Leonardo Agustino
Editor: Erik Sinaga
Sumber: Tribun Jakarta
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved