Pembangunan Terminal 4 Bandara Soekarno-Hatta Dilakukan Mulai 2021

Ia pun menargetkan Terminal 4 Bandara Soekarno-Hatta bisa selesai pada tahun 2024 mendatang yang berlokasi di Lapangan Golf Bandara Soekarno-Hatta.

Pembangunan Terminal 4 Bandara Soekarno-Hatta Dilakukan Mulai 2021
TribunJakarta.com/Ega Alfreda
Menteri Perhubungan, Budi Karya Soemadi saat mengecek progres runway 3 Bandara Soekarno-Hatta, Senin (15/4/2019). 

Laporan Wartawan TribunJakarta.com, Ega Alfreda

TRIBUNJAKARTA.COM, TANGERANG - Wacana pembangunan Terminal 4 Bandara Soekarno-Hatta akan dilakukan mulai tahun 2021 mendatang.

Hal tersebut dikatakan Menteri Perhubungan, Budi Karya Sumadi saat meninjau progres pembangunan Runway 3 atau landasan pacu baru di Bandara Soekarno-Hatta.

"Kita sudah merencanakan terminal 4. kita akan merencanakan mulai untuk pembangunan pada tahun 2021 dan target akan diselesaikan dalam waktu tiga tahun," terang Budi di Bandara Soekarno-Hatta, Senin (15/4/2019).

Ia pun menargetkan Terminal 4 Bandara Soekarno-Hatta bisa selesai pada tahun 2024 mendatang yang berlokasi di Lapangan Golf Bandara Soekarno-Hatta.

"Jadi Soekarno-Hatta pada saat itu bisa mengangkut penumpang lebih dari 100 juta orang," sambung Budi.

Proyek besar tersebut disinyalir memakan biaya hingga Rp 11 triliun dan kemungkinan besar skema pendanaan yang akan digunakan dalam pembangunan proyek tersebut adalah kombinasi antara sumber kas internal dan pinjaman.

Budi juga menjelaskan bahwa pembangunan landasan pacu ketiga Bandara Soekarno-Hatta atau Runway 3 sudah mencapai 60 persen.

"Runway 3 sendiri atau landasan pacu sekarang kira-kira menjelang 60 persen. kita akan selesaikan Insha Allah akhir Juni bisa dipakai," jelas Budi.

Jelang HUT DKI, Kampung Akuarium Ditata oleh Pemkot Jakarta Utara

Pembangunan Runway 3 Bandara Soekarno-Hatta Sudah 60 Persen, Menhub Klaim Selesai Bulan Juni

Tunjukan Jari Bertinta Usai Mencoblos, Makan Ayam Penyet di Tempat Ini Bisa Dapat Diskon

Lebih lanjut, Menhub bertutur bahwa Runway 3 nantinya dapat memberikan ruang lebih untuk pergerakan pesawat di Bandara Soekarno-Hatta.

Menurut Budi, bila runway 3 selesai dapat menampung hingga 114 pergerakan pesawat per jamnya, yang sebrlumnya hanya dapat menampung 81 pergerakan pesawat.

"Per jam itu kira-kira 81 sampai 83 dengan runway 3 ini akan menjadi 114, jadi kurang lebih naik 30 persen lah. Selain itu dengan adanya runway 3 ini juga mempermudah kita maintenance," jelas Budi.

Sementara untuk pembangunan paralel taxiway Bandara Soekarno-Hatta pembangunannya diklaim sudah mencapai 93 persen dan dapat digunakan penuh pada bulan Mei 2019.

Penulis: Ega Alfreda
Editor: Muhammad Zulfikar
Sumber: Tribun Jakarta
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved