Info Mudik 2019

Pemudik dengan Bus Diprediksi Naik 20 Persen Dibanding Tahun Lalu karena Tiket Pesawat Mahal

Keberadaan Tol Trans Jawa turut mendorong minat masyarakat untuk memanfaatkan moda transportasi darat lain.

Pemudik dengan Bus Diprediksi Naik 20 Persen Dibanding Tahun Lalu karena Tiket Pesawat Mahal
TribunJakarta.com/Nawir Arsyad Akbar
Suasana Terminal Pulo Gebang, Cakung, Jakarta Timur, Rabu (6/6/2018), terpantau masih sepi pemudik. TRIBUNJAKARTA.COM/NAWIR ARSYAD AKBAR 

TRIBUNJAKARTA.COM - Mahalnya tiket pesawat, diprediksi bakal meningkatkan minat pemudik untuk memilih moda transportasi umum lain, seperti bus.

Sekretaris Jenderal Organisasi Angkutan Darat (Organda), Ateng Haryono, mengatakan, setidaknya akan ada peningkatan penumpang bus hingga 20 persen jika dibandingkan dengan periode Lebaran tahun lalu.

"Akan ada potensi pengguna yang mampu memanfaatkan jalan raya, juga akan lebih irit dan hemat, mereka akan berpikir akan memanfaatkan bus sebagai pilihan. Potensi pertumbuhan penumpang bus mungkin 15 sampai 20 persen," kata Ateng ketika dihubungi Kompas.com, Rabu (8/5/2019).

Per 8 Mei, 1.232 Warga Jakarta Utara Sudah Mendaftar Program Mudik Gratis Pemprov DKI Jakarta

Tak hanya faktor harga tiket pesawat yang mahal saja, Ateng mengatakan, keberadaan Tol Trans Jawa turut mendorong minat masyarakat untuk memanfaatkan moda transportasi darat lain.

"Sekarang Jakarta ke Surabaya dengan bus bisa 10 jam atau 11 jam, bahkan 12 jam bisa sampai Malang kalau jalannya lancar, orang akan berpikir menggunakan bus," ujar dia.

Selain itu, tiket bus yang saat ini sudah bisa dipesan secara digital juga menjadi faktor lain yang mendorong peningkatan minat pemudik terhadap moda transportasi ini.

Ateng tak menyangkal, harga tiket bus ketika Lebaran dibandingkan dengan hari biasa memang lebih mahal.

Namun, dia mengatakan, tarif tersebut masih masuk akal dan lebih murah jika dibandingkan dengan pilihan moda transportasi lain seperti kereta.

"Jakarta-Surabaya hari biasa Rp 300.000 sampai Rp 350.000 ya, itu sudah luxury, kalau naik paling jadi Rp 400.000 sampai Rp 450.000 (di Lebaran). Saya pikir itu masih make sense dan murah. Kalau kereta api Jakarta-Jogja sudah bisa sampai lebih dari Rp 500.000 eksekutif," ujar dia.

Helipad

Jakarta Heli Club menyediakan jasa transportasi Helicopter Shuttle Service rute Jakarta - Cikarang melalui helipad di GP Plaza, Slipi, Jakarta Barat, Rabu (6/6/2018).(RIMA WAHYUNINGRUM)
Jakarta Heli Club menyediakan jasa transportasi Helicopter Shuttle Service rute Jakarta - Cikarang melalui helipad di GP Plaza, Slipi, Jakarta Barat, Rabu (6/6/2018).(RIMA WAHYUNINGRUM) ()
Halaman
12
Editor: Wahyu Aji
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved