LRT Jakarta Masih Tunggu Aspek Administrasi, Anies Berharap Setelah Lebaran Rampung

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan mengatakan salah satu alasan belum beroperasinya LRT Jakarta lantaran masih menunggu aspek administrasi

LRT Jakarta Masih Tunggu Aspek Administrasi, Anies Berharap Setelah Lebaran Rampung
TRIBUNNEWS.COM/JEPRIMA
Ilustrasi Proyek LRT Jabodetabek 

Laporan Wartawan TribunJakarta.com, Pebby Adhe Liana

TRIBUNJAKARTA.COM, GAMBIR - Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan mengatakan salah satu alasan belum beroperasinya Lintas Rel Terpadu (LRT) Jakarta lantaran masih menunggu aspek administrasi.

Anies menjelaskan, bahwa saat ini LRT Jakarta masih menunggu hasil pertemuan antara Dinas Pehubungan DKI Jakarta dengan Direktorat Jenderal Kereta Api (DJK) atas hasil pemeriksaan SOP, pengoperasian dan perawatan sarana yang telah disetujui.

"Jadi saat ini sedang menunggu hasil pertemuan antara Dishub dengan Direktorat Jenderal Kereta Api terkait permintaan konfirmasi dari pihak dishub. Itu atas hasil pemeriksaan SOP, pengoperasian dan perawatan sarana yang telah disetujui oleh DJKI. Setelah itu Dishub rencananya akan mengeluarkan rekomendasi teknis," kata Anies, Jumat (10/5/2019).

Tanggapi Pernyataan Menhub, Anies Baswedan: Persoalan Bukan LRT Tapi Kontraktor

Temuan Anies Pembangunan LRT Sebabkan Genangan hingga Sindiran Luhut: Jangan Nyalahin Orang

Relawan Rakyat Jokowi Minta Presiden Buktikan Ucapan Pembebasan Lahan Ganti Untung Proyek LRT

Setelah itu, lanjut Anies Dinas Perhubungan bakal mengeluarkan surat rekomendasi teknis. Yang mana surat tersebut merupakan salah satu persyaratan dari PTSP terkait surat izin LRT sendiri.

"Kemudian juga surat penugasan dari Jakpro kepada LRT Jakarta yang khusus terkait sarana saja, itu harus dilakukan. Jadi untuk nanti izin operasi sarana itu masih dibutuhkan. Satu IMB (Izin Mendirikan Bangunan) untuk seluruh stasiun yang saat ini sedang diurus," paparnya.

Diketahui sebelumnya, Kereta Lintas Rel Terpadu Jakarta dibangun dengan rute Kelapa Gading-Velodrome sepanjang 5,8 kilo meter.

Kendati demikian, Anies berharap agar seluruh aspek administratif tersebut bisa selesai sebelum lebaran Idul Fitri 2019. Sehingga LRT Jakarta agar cepat dioperasikan pada Mei 2019.

"Mudah-mudahan bisa selesai cepat, sedang dalam pembicaraan, saya sih berharap sebelum lebaran sudah selesai," pungkas dia.

Penulis: Pebby Ade Liana
Editor: Satrio Sarwo Trengginas
Sumber: Tribun Jakarta
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved