Pemilu 2019

Rapat Pleno Molor, KPU Jakarta Timur Dianggap Tak Profesional

KPU Jakarta Timur layak mendapat rapot merah dan meminta dilakukan evaluasi terhadap jajaran KPU Jakarta Timur

Rapat Pleno Molor, KPU Jakarta Timur Dianggap Tak Profesional
TribunJakarta.com/Bima Putra
Suasana tempat pleno rekapitulasi suara Pemilu 2019 tingkat kota Jakarta Timur di Pulo Gadung, Jakarta Timur, Kamis (16/5/2019). 

Laporan Wartawan TribunJakarta.com, Bima Putra

TRIBUNJAKARTA.COM, PULO GADUNG - Ketua DPD PAN Jakarta Timur Dicky Kurniawan Kusuma menyoroti molornya rekapitulasi suara di Kotamadya Jakarta Timur yang sampai saat ini belum rampung sehingga butuh dua kali perpanjangan waktu.

Pasalnya KPU RI menetapkan rapat pleno rekapitulasi suara tingkat kota berakhir Rabu (8/5/2019) sehingga berdampak pada molornya pleno tingkat Provinsi DKI yang harusnya beres Minggu (12/5/2019).

“KPU Jakarta Timur secara kelembagaan dan komisioner secara perseorangan harus bertanggung jawab atas pengunduran waktu yang begitu panjang," kata Dicky di Pulo Gadung, Jakarta Timur, Kamis (16/5/2019).

Dia mempertanyakan rentetan kejadian yang selama proses penghitungan suara di tingkat kecamatan hingga berlanjut ke rapat pleno tingkat kota Jakarta Timur yang baru dimulai pukul 21.11 WIB.

Menurutnya KPU dan Bawaslu Jakarta Timur seolah lepas tangan atas seluruh kejadian yang menghambat penyelenggaraan Pemilu 2019 di wilayah Jakarta Timur.

“Kami mengecek di beberapa kecamatan terdapat protes dan komplain dari parpol peserta pemilu atas beberapa kejanggalan dan diduga kecurangan tidak mendapatkan jawaban yang memuaskan dari KPU," ujarnya.

Belum rampungnya rapat pleno Jakarta Timur dinilai Dicky membuat KPU Jakarta Timur layak mendapat rapot merah dan meminta dilakukan evaluasi terhadap jajaran KPU Jakarta Timur agar kasus serupa tak terulang pada 2024.

Jasa Marga Yakin Sistem Satu Arah Bisa Menurunkan Penumpukan Kendaraan di Rest Area Saat Mudik

Logistik Pemilu 2019 Jakarta Timur Dimungkinkan Tiba di Hotel Bidakara Dini Hari

VIDEO Pengungkapan Narkoba Jenis Baru yang Disebut Yaba

Dia berharap logistik dari KPU Jakarta Timur segera tiba di Hotel Bidakara, tempat pleno tingkat Provinsi DKI digelar guna memenuhi target KPU RI diumumkannya pemenang Pemilu 2019 Rabu (22/5/2019) nanti.

Ketua KPU Jakarta Timur Wage Wardana mengatakan pihaknya terkendala banyaknya jumlah TPS dan Sumber Daya Manusia (SDM) sehingga hingga kini rapat pleno urung mulai.

Wage sendiri belum dapat memastikan apakah pleno tingkat DKI bakal berlanjut usai logistik Jakarta Timur dikirim entah jam berapa nanti karena masih menunggu intruksi KPU DKI.

"Kita kirim pasti malam ini, cuman nanti lihat situasi di sana apakah masih memungkinkan atau enggak. Tapi kita kalaupun lanjut siap," tutur Wage.

Penulis: Bima Putra
Editor: Muhammad Zulfikar
Sumber: Tribun Jakarta
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved