Imlek 2018

Alasan Tarian Barongsai Identik di Perayaan Imlek

Tarian barongsai ini biasa disebut tarian singa karena menggunakan boneka berbentuk singa saat menari.

Alasan Tarian Barongsai Identik di Perayaan Imlek
pontianak.tribunnews.com
Juara Dunia Barongsai Tonggak Empat Kali, Kong Ha Hong Lion Dance Troupe Ikut Memeriahkan Perayaan Imlek di Ancol 

TRIBUNJAKARTA.COM - Saat perayaan Imlek, penampilan Barongsai menghiasi perayaan di berbagai tempat dan menjadi daya tarik pengunjung untuk menyaksikannya.

Identiknya Barongsai dengan perayaan Imlek ini dijelaskan di Buku 5000 Tahun Ensiklopedia Tionghua 1 karya Christine dan kawan kawan, terbitan St Dominic Publishing tahun 2015.

Tertulis di buku tersebut, menurut kepercayaan leluhur (China) tiap awal tahun baru merupakan masa pada dewa dewi kembali ke kahyangan untuk melapor ke Kaisar Langit.

Baca: Kehilangan Smartphone Android Mu? Gunakan 3 Cara Ini Untuk Menemukannya

Neng (27) saat ia berkeliling sebagai wanita penari barongsai di Pasar Asemka, Tambora, Jakarta Barat, Jumat (2/2/2018) Tribun Jakarta.com/Gerald Leonardo Agustino
Neng (27) saat ia berkeliling sebagai wanita penari barongsai di Pasar Asemka, Tambora, Jakarta Barat, Jumat (2/2/2018) Tribun Jakarta.com/Gerald Leonardo Agustino (Tribun Jakarta.com/Gerald Leonardo Agustino)

Sehingga momen itu membuat roh-roh jahat di dunia menjadi semakin ganas karena tidak ada yang mengendalikan saat dewa-dewi rapat di kahyangan.

Atas kepercayaan itu, masyarakat China kuno mengadakan tarian barongsai yang telah diberkati di klenteng untuk mengusir setan.

Dari kepercayaan tersebut, maka orang China kuno mengadakan tarian barongsai yang sebelumnya telah diberkati di klenteng dengan maksud mengusir setan.

Tarian barongsai ini biasa disebut tarian singa karena menggunakan boneka berbentuk singa saat menari.

Terdapat dua jenis tarian singa ini yaitu singa utara dan singa selatan.

Singa utara mempunyai surai ikal dan berkaki empat sementara singa selatan mempunyai sisik dan jumlah kaki bervariasi antara dua atau empat.

Halaman
1234
Penulis: Kurniawati Hasjanah
Editor: Kurniawati Hasjanah
Sumber: Tribun Jakarta
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved