SBMPTN 2018

Ini Komandan yang Kawal Soal SBMPTN Sampai di Tangan Peserta

Menurutnya, Pengamanan Lingkungan Kampus (PLK) dibagi ke dalam beberapa sektor untuk mengamankan soal di sejumlah wilayah di Jakarta dan Depok.

Ini Komandan yang Kawal Soal SBMPTN Sampai di Tangan Peserta
TRIBUNJAKARTA.COM/SATRIO SARWO TRENGGINAS
Mantek Sangadji selaku Komandan Patroli Mahasiswa Universitas Indonesia yang bertugas sebagai Pengamanan Lingkungan Kampus (PLK) Ujian SBMPTN 2018 di SMAN 70 Jakarta Selatan. 

Laporan Wartawan TribunJakarta.com, Satrio Sarwo Trengginas

TRIBUNJAKARTA.COM, KEBAYORAN BARU - Soal-soal Ujian Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (USBMPTN) 2018 merupakan dokumen negara yang penting.

Untuk itu, dibutuhkan pengamanan serta pengawalan ketat terhadap alur pendistribusian soal sampai ke tangan para peserta ujian hingga kembali lagi ke pusatnya.

Satu diantara sosok pengawal lancarnya pendistribusian soal itu bernama Mantek Sangadji, selaku Komandan Patroli Mahasiswa yang bertugas mengamankan soal USBMPTN 2018 di sejumlah wilayah di Jakarta Selatan.

"Saya bertugas sebagai pengawal soal di SMAN 70 Jakarta tapi untuk satu sektor terdiri dari lima pengamanan Lingkungan kampus. Saya termasuk ke dalam sektor yang bertugas di lima sekolah, SMAN 82 Jakarta, SMKN 29 Jakarta, SMKN 6 Jakarta, serta SMAN 70 Jakarta. Jadi kita stand by di sekolah itu," ungkapnya kepada TribunJakarta.com, Selasa (8/5/2018), saat ditemui di SMAN 6 Jakarta Selatan.

Menurutnya, Pengamanan Lingkungan Kampus (PLK) dibagi ke dalam beberapa sektor untuk mengamankan soal di sejumlah wilayah di DKI Jakarta dan Depok.

Baca: Ini Dia 5 Perguruan Tinggi Negeri yang Paling Banyak Diminati di SBMPTN 2018

Baca: Usai Ujian SBMPTN, Calon Mahasiswa Baru Langsung Cek Kisi-kisi

"Jumlah sektor ada 33 sektor untuk menjaga di DKI Jakarta dan Depok. Saya mendapatkan bagian di sektor 10 di wilayah Kebayoran baru," terangnya.

Setelah dibagikan ke sektor-sektor, para PLK pun bertugas di sekolah sekolah yang telah ditentukan.

"Kita jaga disana nanti juga koordinasi dengan mahasiswa yang bertugas sebagai penanggung jawab di sekolah itu," tuturnya.

Nantinya, usai mengerjakan soal tersebut, Mantek beserta rekan-rekan PLK akan mengawal soal tersebut dan membawanya ke pusatnya di Salemba, Jakarta Pusat.

"Jadi kita sudah ada dua mobil, satu minibus yang dinaikan seluruh mahasiswa. Dan mobil box berisi soal-soal dan jawaban hari ini. Yang PLK mengawal soal-soal tersebut di dalam mobil box," katanya.

Sesampainya di Salemba, ia akan membawa lembaran jawaban soal ujian menuju Universitas Indonesia untuk diperiksa.

"Saya akan naik Minibus lagi yang sudah disediakan untuk membawa lembaran jawaban ke UI untuk diperiksa disana. Khusus IPA bagian saintek saja yang akan dibawa ke UI. Kalau soalnya tidak bisa dibawa pulang oleh peserta," kata Mantek.

Dari Universitas Indonesia sendiri, terang Mantek, mengerahkan sebanyak puluhan anggota.

"Ada 50 anggota mahasiswa UI yang dikerahkan sebagai PLK, tapi setiap kampus ada PLK," katanya.

Penulis: Satrio Sarwo Trengginas
Editor: Wahyu Aji
Sumber: Tribun Jakarta
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved