Piala Dunia 2018

Jerman dan Spanyol Tersingkir, Jersey Timnya Didiskon 40 Persen

Di gerai itu jersey Jerman dan Spanyol masih dipajang. Harganya dipotong hingga 40 persen.

Jerman dan Spanyol Tersingkir, Jersey Timnya Didiskon 40 Persen
OZAN KOSE/AFP
Pemain Spanyol, Sergio Ramos (kiri), Sergio Busquets (tengah), dan Andres Iniesta, bertepuk tangan untuk suporter seusai laga Grup B Piala Dunia 2018 kontra Maroko di Kaliningrad Stadium, Kaliningrad, Rusia pada 25 Juni 2018. 

Laporan Wartawan Tribun Deodatus Pradipto dari Nizhny Novgorod

TRIBUNJAKARTA.COM, RUSIA - Tersingkirnya tim nasional Jerman dan Spanyol dari Piala Dunia 2018 turut berimbas pada harga jual jersey replika mereka. Harga jualnya dipotong hampir separuh harga.

Ini yang saya temukan di sebuah gerai perlengkapan olahraga yang menjadi sponsor tim nasional Jerman dan Spanyol di sebuah pusat perbelanjaan di depan Stadion Nizhny Novgorod, Kamis (5/7).

Di gerai itu jersey Jerman dan Spanyol masih dipajang. Harganya dipotong hingga 40 persen.

Harga awal jersey pertama Jerman dan Spanyol adalah 6690 rubel, setara Rp 1,5 juta. Sekarang jersey kandang mereka dijual 3990rubel, setara Rp 909 ribu.

Ekspresi lesu Marco Reus (kanan) pada laga Korea Selatan kontra Jerman dalam partai Piala Dunia 2018 di Kazan Arena, Kazan, 27 Juni 2018.
Ekspresi lesu Marco Reus (kanan) pada laga Korea Selatan kontra Jerman dalam partai Piala Dunia 2018 di Kazan Arena, Kazan, 27 Juni 2018. (ROMAN KRUCHININ/AFP)

Harga jersey kedua lebih murah dibandingkan jersey pertama. Harga awalnya adalah 3390 rubel, lalu dipotong jadi 2390 rubel, setara Rp 544 ribu.

Jaket Jerman dan Spanyol turut kena potongan harga, namun 37 persen. Dari harga 5390 rubel, setara Rp 1,2 juta, menjadi 3390 rubel, setara Rp 772 ribu.

Bagaimana dengan jersey Argentina dan Swedia yang memiliki sponsor sama dengan Jerman dan Spanyol? Jersey Argentina sama sekali tidak nampak di gerai itu, begitu juga jersey Swedia.

Apa yang terjadi pada jersey Jerman, Spanyol, Argentina, dan Swedia tidak terjadi pada jersey Rusia. Jersey tim tuan rumah tidak mengalami pemotongan harga dan harga jualnya lebih rendah. Di gerai tersebut jersey pertama Rusia dibanderol 4997 rubel, setara Rp 1,1 juta.

Di pusat perbelanjaan yang sama juga terdapat gerai perlengkapan olahraga yang menjadi sponsor tim nasional Uruguay dan Swiss. Sampai berita ini diturunkan tim nasional Uruguay belum tersingkir dari Piala Dunia 2018, namun Swiss tersingkir di babak 16 besar.

Jersey pertama Uruguay dan Swiss masih ada di gerai itu. Harganya sama dan jersey Swiss tidak mengalami pemotongan harga. Harganya adalah 4990 rubel, setara Rp 1,1 juta.

Fan Shop Piala Dunia 2018 di Nizhny Novgorod cenderung berbeda dari yang ada di Moskow. Sejauh ini saya belum pernah menemukan Fan Shop di Nizhny Novgorod yang menjual jersey. 

Sebagai pembanding, di Fan Shop Moskow jersey-jersey dibanderol sama 6000 rubel, setara Rp 1,3 juta.

Penulis: Deodatus Suksmo Pradipto
Editor: Wahyu Aji
Sumber: Tribun Jakarta
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved