Kasat Lantas Polres Tangerang Selatan Beberkan Cara Berantas Calo di Satpas SIM

"Untuk Satpas Cilenggang, Polres Tangsel, kami berupaya untuk membatasi, menghindari dan mencegah para peserta ujian SIM ini berhubungan dengan calo."

Kasat Lantas Polres Tangerang Selatan Beberkan Cara Berantas Calo di Satpas SIM
TRIBUNJAKARTA.COM/JAISY RAHMAN TOHIR
Kasat Lantas Polres Tangsel, AKP Lalu Hedwin, di Satpas SIM Cilenggang, Serpong, Tangsel, Rabu (5/9/2018). 

Laporan Wartawan TribunJakarta.com, Jaisy Rahman Tohir

TRIBUNJAKARTA.COM, SERPONG - Satuan Penyelenggara Administrasi Surat Izin Mengemudi (Satpas SIM) kerap menjadi sarang calo yang katanya bisa membantu untuk lulus uji SIM.

Belum lama ini, Ombudsman Jakarta Raya merilis Rapid Assestmen atau kajian inisiatif mandiri, mengenai calo dan pungutan liar di wilayah hukum Polda Metro Jaya.

Dalam kajiannya, Ombudsman mendapati sejumlah wilayah yang masih rawan calo dan pungutan liar. Namun Polres Tangerang Selatan (Tangsel) tak masuk di antaranya.

Kasat Lantas Polres Tangsel, AKP Lalu Hedwin, menjelaskan upaya pencegahan keberadaan calo dengan pengamaman ketat di pintu masuk.

"Untuk Satpas Cilenggang, Polres Tangsel, kami berupaya untuk membatasi, menghindari dan mencegah para peserta ujian SIM ini berhubungan dengan calo," kata AKP, Rabu (5/9/2018).

"Di awal kita sudah siagakan fasilitas penjagaan, jadi yang masuk di lokasi Satpas ini hanya orang yang betul-betul peserta dari uji SIM tersebut. Tidak boleh ada pengantar atau siapapun itu, yang tidak berkompeten atau tidak berkepentingan dalam melaksanakan ujian SIM," lanjut ujarnya.

AKP Lalu menambahkan, saat peserta uji SIM masuk wilayah Satpas, mereka akan dimintakan KTP dan diberikan nomor antrean oleh petugas Provost.

Satpas pun dilengkapi dengan petunjuk tata cara dan alur proses ujian SIM sehingga masyarakat dapat melakukannya secara mandiri.

Selain di dalam, antisipasi kehadirian calo juga dilakukan dengan mensterilkan lokasi sekitar Satpas.

"Dan kamipun dari sekeliling lokasi Satpas ini, meminimalisir adanya tempat-tempat untuk berkumpulnya calo dengan mensterilakan lokasi sekitar Satpas hanya untuk masyarakat yang ingin uji SIM," ujarnya.

Satpas SIM Cilenggang beroperasi dari mulai pukul 08.00 sampai 13.00 WIB, tanpa pembatasan peserta ujian.

Penulis: Jaisy Rahman Tohir
Editor: Wahyu Aji
Sumber: Tribun Jakarta
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved