Breaking News:

Hingga September, Penerimaan Cukai dari Produk Vape Mencapai Rp 35 Miliar

Direktorat Jenderal Bea dan Cukai merasakan dampak positif dari kooperatifnya para produsen rokok elektronik (vape).

TribunJakarta/Gerald Leonardo Agustino
Direktur Jenderal Bea dan Cukai, Heru Pambudi 

Laporan Wartawan TribunJakarta.com, Gerald Leonardo Agustino

TRIBUNJAKARTA.COM, CILINCING - Direktorat Jenderal Bea dan Cukai merasakan dampak positif dari kooperatifnya para produsen rokok elektronik (vape).

Direktur Jenderal Bea dan Cukai, Heru Pambudi mengatakan, pengusaha vape lokal cenderung mulai mengikuti peraturan pemerintah terutama soal penerapan cukai.

Menurut Heru, pendapatan negara per akhir September dari cukai vape mencapai Rp 35 miliar dengan banyaknya produsen vape mancanegara yang telah membeli pita cukai secara legal.

"Perkembangan daripada implementasi cukai vape ini positif yaitu mereka sekarang ini merespon kebijakan pemerintah secara positif dan akomodatif. Mereka sekarang berbondong-bondong membeli pita cukai untuk liquid vapenya sampe dengan akhir bulan kemaren kita sudah mendapat sekitar Rp 35 miliar," kata Heru, Selasa (2/10/2018) di Cilincing, Jakarta Utara.

Meski cukai vape lebih kecil dan penggunanya juga tak sebesar rokok biasa, hal tersebut dinilai Heru sangat positif dan dapat dicontoh pelaku usaha vape nasional.

"Saya mengimbau kepada pelaku usaha vape nasional supaya segera memesan pita cukai karena masa transisinya sudah selesai dan kita akan segera masuk fase penegakkan hukumnya," jelas Heru.

Presiden Jokowi Beberkan Kado Ulang Tahun ke-55 Ibu Negara, Harganya Rp 256 Ribu

Presiden Bakal Terbitkan Inpres Penanganan Gempa Bumi dan Tsunami di Sulteng

Pasien Puji Pelayanan RSUD Tanjung Priok, Bisa Gunakan BPJS Walau Belum Dapat Rujukan Puskesmas

Berdasarkan penghitungan Dirjen Bea dan Cukai, lanjut Heru, potensi penerimaan cukai dari vape di tahun ini ditargetkan mencapai Rp 70 miliar.

Bukan tidak mungkin penerimaan itu meningkat dua kali lipat di tahun 2019.

"Kita hitung itu sekitar Rp 70 M untuk tahun ini, karena kan kita sudah dapat Rp 35 M nih. Sampai akhir tahun kita perkirakan Rp 70 M tapi kita yakin lebih dari ini," pungkasnya.

Penulis: Gerald Leonardo Agustino
Editor: Erik Sinaga
Sumber: Tribun Jakarta
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved