Breaking News:

Pileg 2018

Bawaslu Cium Dugaan Pelanggaran Pidana Pemilu Seorang Caleg Bagikan Minyak Goreng di Jakarta Utara

Adapun tindakan bagi-bagi minyak goreng itu dinyatakan melanggar Undang-undang No. 7 tahun 2017 tentang pemilu.

TRIBUNJAKARTA.COM/GERALD LEONARDO AGUSTINO
Ketua Divisi Hukum dan Penanganan Pelanggaran Bawaslu DKI Jakarta Puadi, saat ditemui TribunJakarta.com, Jumat (12/10/2018), di kantor Bawaslu DKI Jakarta. 

Laporan Wartawan TribunJakarta.com, Gerald Leonardo Agustino

TRIBUNJAKARTA.COM, TANJUNG PRIOK - Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) menemukan adanya dugaan pelanggaran pidana pemilu yang dilakukan oleh calon legislatif DPRD DKI Jakarta dari Partai Perindo dengan nama David H. Rahardja.

Ketua Divisi Hukum dan Penanganan Pelanggaran Bawaslu DKI Jakarta Puadi mengatakan, pelanggaran pidana pemilu yang dilakukan caleg tersebut adalah pembagian minyak goreng kepada warga di sekitaran Kelapa Gading dan Cilincing, Jakarta Utara.

Menurut Puadi, caleg tersebut melakukan pembagian minyak goreng pada tanggal 23 September 2018 lalu.

"Ada pembagian sembako terutama minyak goreng. Karena memang kita harus bedakan mana penyebaran bahan kampanye mana pembagian sembako," kata Puadi saat ditemui TribunJakarta.com, Jumat (12/10/2018).

Selain pembagian minyak goreng, menurut rekaman video yang ditemukan Bawaslu, caleg tersebut juga membagikan stiker kepada warga.

"Dalam proses pembagian minyak goreng tersebut dia juga menempelkan stiker," kata Puadi di Kantor Bawaslu DKI Jakarta, Tanjung Priok, Jakarta Utara.

Menurutnya, pihak yang menemukan dugaan pelanggaran pidana tersebut ialah pihak Panwaslu tingkat kelurahan, terutama Kelurahan Pengangsaan Dua.

Dikarenakan Panwaslu tingkat kelurahan tidak mempunyai Sentra Penegakan Hukum Terpadu (Gakkumdu), maka temuan tersebut dilaporkan ke Bawaslu Jakarta Utara.

Adapun temuan dari Panwaslu, lanjut Puadi, yakni pada tanggal 25 September atau dua hari setelah caleg tersebut membagikan minyak goreng kepada warga.

"Di Gakkumdu Jakarta Utara itu diproses. Sudah dipanggil sudah diundang terlapornya terutama caleg tersebut sudah diklarifikasi dan ini sudah masuk tahap penyelidikan di kepolisian," kata Puadi.

Aksi Dua Remaja Putri Gasak Kacamata di Margo City Terekam CCTV, Begini Cerita Akhirnya

Punya 3 Tipe, Palling Murah Rp 184 Juta, Ini Lokasi Rusunami DP 0 Rupiah untuk Warga Jakarta

Adapun tindakan bagi-bagi minyak goreng itu dinyatakan melanggar Undang-undang No. 7 tahun 2017 tentang pemilu.

Hingga berita ini dihimpun TribunJakarta.com, masih berusaha mengkonfirmasi kepada pihak-pihak terkait yang disebut oleh Bawaslu.

Penulis: Gerald Leonardo Agustino
Editor: Wahyu Aji
Sumber: Tribun Jakarta
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved