Hari Raya Imlek, Jakarta Utara Kembali Punya Musala Bergaya Tionghoa di Kolong Tol

Namanya Musala Babah Alun AGP (Artha Graha Peduli), lokasi lebih tepatnya, ada di dekat Pintu Timur Taman Impian Jaya Ancol.

Hari Raya Imlek, Jakarta Utara Kembali Punya Musala Bergaya Tionghoa di Kolong Tol
TribunJakarta/Gerald Leonardo Agustino
Musala Babah Alun AGP di kolong tol Ir. Wiyoto Wiyono di Jalan Pasir Putih, Ancol, Pademangan, Jakarta Utara, Selasa (5/2/2019). 

Laporan Wartawan TribunJakarta.com, Gerald Leonardo Agustino

TRIBUNJAKARTA.COM, PADEMANGAN - Tempat ibadah dengan arsitektur oriental khas Tionghoa kembali dihadirkan di kolong tol. Kali ini, sebuah musala bergaya Tionghoa berdiri di kolong tol Ir. Wiyoto Wiyono di Jalan Pasir Putih, Ancol, Pademangan, Jakarta Utara.

Yang menarik, musala ini resmi dioperasikan tepat hari ini, bertepatan dengan peringatan Hari Raya Imlek, Selasa (5/2/2019).

Namanya Musala Babah Alun AGP (Artha Graha Peduli), lokasi lebih tepatnya, ada di dekat Pintu Timur Taman Impian Jaya Ancol.

Berdiri di atas lahan seluas 300 meter, musala ini sudah dibangun sejak Agustus 2018, dengan pembangunan yang diinisiasi yayasan AGP.

Musala ini arsitekturnya kental bergaya Tionghoa, dengan warna dominan merah dan hijau.

Yayasan AGP bekerjasama dengan Yusuf Hamka dalam pembangunan musala ini. Yusuf Hamka ialah seorang mualaf yang juga sebagai Founder Masjid Babah Alun, masjid bergaya Tionghoa yang dibangunnya di kolong tol Papanggo tahun lalu.

"Kenapa saya bangun gaya China. Bukan saya mau membangun Chinaisasi. Kenapa nggak gaya Timur Tengah? Sudah banyak contoh, di Papanggo, masjid dengan gaya China jadi sesuatu yang unik," ucap Yusuf usai salat subuh di Musala Babah Alun AGP, pagi ini.

Pantauan TribunJakarta.com, selain Musala Babah Alun AGP, di sebelahnya ada juga pos pengamanan bergaya Tionghoa. Keduanya berada di lahan yang sama, tepat di kolong tol, tepi Kali Ancol.

Yusuf mengatakan, pembangunan musala sepenuhnya dilakukan oleh Yayasan AGP, dengan dana yang dihabiskan sekira Rp 1 miliar.

Halaman
12
Penulis: Gerald Leonardo Agustino
Editor: Erik Sinaga
Sumber: Tribun Jakarta
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved