Gerai Bersubsidi Diresmikan Anies Baswedan, Buruh Bisa Belanja Pangan Murah

Gerai ini menjual berbagai macam kebutuhan pokok dengan harga yang murah. Tujuannya, untuk mengurangi biaya hidup.

Gerai Bersubsidi Diresmikan Anies Baswedan, Buruh Bisa Belanja Pangan Murah
Istimewa
Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan meresmikan gerai pangan bersubsidi seketariat federasi SPSI L.E.M (Logam Elektronik dan Mesin) yang terletak di jalan P. Komarudin RT 02 RW 03, Cakung Barat, Jakarta Timur pagi ini, Selasa (26/2/2019) 

Laporan wartawan TribunJakarta.com, Pebby Adhe Liana.

TRIBUNJAKARTA.COM, GAMBIR - Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan telah meresmikan gerai pangan bersubsidi seketariat federasi SPSI L.E.M (Logam Elektronik dan Mesin) yang terletak di jalan P. Komarudin RT 02 RW 03, Cakung Barat, Jakarta Timur pagi ini, Selasa (26/2/2019).

Gerai ini menjual berbagai macam kebutuhan pokok dengan harga yang murah. Tujuannya, untuk mengurangi biaya hidup yang biasa dikeluarkan para buruh demi keperluan sehari-hari.

"Jadi kebijakan yang kita lakukan di Jakarta selain berbicara tentang upah minimal, kita berbicara mengurangi biaya hidup khususnya bagi para pekerja dan masyarakat yang secara sosial ekonominya rendah. Caranya menguranginya dengan memberikan pangan bersubsidi," kata Anies di lokasi, Selasa (35/2/2019).

Para pekerja bisa menikmati potongan harga hingga 50 persen dari harga normal dengan berbelanja di gerai tersebut menggunakan kartu pekerja.

Potongan harga tersebut juga berlaku bagi orangtua yang anaknya memiliki Kartu Jakarta Pintar (KJP).

Untuk harga telur ayam, para pekerja bisa membayar seharga Rp.10 ribu per 15 butir, jauh lebih murah dari harga di pasaran yang biasanya mencapai sekitar Rp.20 ribu ke atas.

Daging sapi menjadi Rp 35 ribu perkilo dari harga Rp 120 ribu, Daging kerbau Rp 30 ribu perkilo, Beras kualitas premium ukuran lima kilo seharga Rp 30 ribu yang biasanya dipasaran mencapai Rp 60 ribu, Ikan kembung Rp 13 ribu per kilo dengan isi yang biasanya terdiri dari 6 hingga 7 ekor, serta susu UHT Rp 30 per karton isi 24 pack.

"Nah selama ini kita mengelolanya sendiri dengan PD Pasar Jaya, sekarang kita kerjakan bersama-sama dengan Serikat Pekerja," kata Anies.

Anies, berharap para buruh bisa menambah pemasukan tabungan untuk masa depan keluarga jika pengeluaran yang dikeluarkan untuk keperluan pangan bisa berkurang.

Nantinya, Anies berencana akan membangun lebih banyak gerai-gerai serupa agar menjangkau oleh seluruh buruh di wilayah Ibu Kota.

"Sudah saya sampaikan kepada Serikat Pekerja bantu kita menentukan lokasi lokasi dimana bisa dibangun gerai dan nanti kalau Serikat Pekerja sudah membuat koperasi lebih luas lagi nanti kita akan kerjasama di tempat-tempat yang lebih banyak Serikat Pekerjanya," kata Anies.

"Harapannya mereka nanti bisa sedikit demi sedikit menabung uangnya tidak habis," pungkasnya.

Penulis: Pebby Ade Liana
Editor: Erlina Fury Santika
Sumber: Tribun Jakarta
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved