Breaking News:

2.343 Kasus Terjadi Tahun 2019, Ini yang Dilakukan Dinkes DKI Kendalikan Penyebaran Demam Berdarah

Untuk diketahui, ada sebanyak 2.343 kasus penyakit DBD sudah terjadi di Ibu Kota DKI Jakarta hingga tanggal 3 Maret 2019.

Tribunnews.com/net
Nyamuk demam berdarah 

Laporan Wartawan TribunJakarta.com, Pebby Adhe Liana

TRIBUNJAKARTA.COM, GAMBIR - Dinas Kesehatan Provinsi DKI Jakarta, melakukan sejumlah upaya dalam mengendalikan angka penyebaran penyakit demam berdarah dengue (DBD) di wilayah Ibu kota Jakarta.

Hal ini, dilakukan dalam rangka mengurangi resiko tersebarnya penyakit tersebut yang disebabkan oleh gigitan nyamuk Aedes Aegepty yang terinfeksi.

"Salah satu faktor yang mempengaruhi perkembangan nyamuk dan penyakit DBD, adalah kondisi iklim. Iklim berperan dalam memberikan lingkungan yang kondusif untuk nyamuk berkembang, sehingga Iklim menjadi faktor sangat penting terutama diawal masa perkembangan nyamuk," ujar Kepala Dinas Kesehatan DKI Jakarta Widyastuti di kantor Dinas Kesehatan, Senin (4/3/2019).

Untuk diketahui, ada sebanyak 2.343 kasus penyakit DBD sudah terjadi di Ibu Kota DKI Jakarta hingga tanggal 3 Maret 2019.

Dimana kasus tersebut dirincikan, ada 134 kasus terjadi di Jakarta Pusat, 220 kasus di Jakarta Utara, 651 di Jakarta Utara, 651 Jakarta Selatan, dan 685 kasus di Jakarta Timur.

Diciduk Polisi karena Pakai Narkoba, Arief Poyuono Sebut Andi Arief Korban Gagal Pemerintah Jokowi

"Ada sejumlah upaya yang kami lakukan. Itu meliputi upaya promotif, preventif, dan kuratif," kata Widyastuti.

Widyastuti menjelaskan, bahwa pihaknya telah melakukan tiga jenis upaya dalam menekan angka penyebaran penyakit DBD tersebut. Mulai dari upaya promotif, preventif, hingga upaya kuratif.

Upaya promotif sendiri, meliputi kegiatan penyuluhan, serta kegiatan pengendalian DBD dengan menyebarluaskan lnformasi ke masyarakat menggunakan berbagai media.

Mulai dari TV, Radio, ataupun media sosial yang ada mengenai waspada DBD dan pengendaliannya yaitu dengan Pemberantasan Sarang Nyamuk (PSN) Plus.

Halaman
12
Penulis: Pebby Ade Liana
Editor: Wahyu Aji
Sumber: Tribun Jakarta
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved