Sehari Pendaftaran Dibuka, 92.348 Orang Ingin Ikut Uji Coba Publik MRT Jakarta

Pendaftaran tersebut dibuka sejak 5-23 Maret 2019. Namun sehari dibuka pendaftaran, animo masyarakat begitu tinggi.

Sehari Pendaftaran Dibuka, 92.348 Orang Ingin Ikut Uji Coba Publik MRT Jakarta
TRIBUNJAKARTA.COM/ANISA KURNIASIH
Stasiun MRT di Bundaran HI Jakarta 

Laporan wartawan TribunJakarta.com, Pebby Adhe Liana

TRIBUNJAKARTA.COM, GAMBIR - Mass Rapid Transit (MRT) Jakarta, telah membuka pendaftaran bagi masyarakat yang berminat untuk mengikuti uji coba operasi atau MRT Trial Run pada 12-24 Maret 2019 mendatang.

Pendaftaran tersebut dibuka sejak 5-23 Maret 2019. Namun sehari dibuka pendaftaran, animo masyarakat begitu tinggi.

Tercatat sebanyak lebih dari 90 ribu masyarakat telah mendaftar hingga tadi malam.

"Terhitung sejak registrasi online dibuka, sebanyak 92.348 orang telah melakukan pendaftaran," ujar Corporate Secretary Division Head MRT Jakarta Muhammad Kamaludin dalam keterangan yang diterima TribunJakarta.com, Rabu (6/3/2019).

Berdasarkan data yang diperoleh, peserta tersebut telah mendaftar mulai dari pukul 10.00 WIB hingga pukul 19.00 WIB tadi malam.

Dengan begitu, sisa kuota untuk masyarakat yang ingin ikut uji coba MRT kali ini, hanya tinggal tersisa 193.252 peserta lagi.

"Total kuota publik yang dibuka untuk tanggal 12 Maret hingga 24 Maret 2019, hanya sebanyak 285.600 orang saja. Dengan demikian maka tersisa kuota 193.252 orang," kata Kamaluddin.

MRT Jakarta sendiri, sebelumnya telah ditargetkan akan mulai beroperasi pada akhir Maret 2019 ini.

Gerai Minimarket hingga Starbucks Akan Hadir di Stasiun MRT Bundaran HI

Jelang Persiapan Uji Coba, Begini Kondisi di Stasiun MRT Dukuh Atas BNI

Melalui uji coba terbatas ini, pihak MRT Jakarta berharap agar masyarakat bisa merasakan bagaimana pengalaman awal sebelum MRT beroperasi secara komersial.

Selain itu, uji coba kali ini juga sekaligus untuk memperoleh masukan yang nantinya bisa digunakan untuk meningkatkan kualitas MRT Jakarta saat beroperasi kelak.

"Kehadiran MRT Jakarta tidak hanya akan meningkatkan mobilitas masyarakat, juga akan memberikan manfaat tambahan seperti perbaikan kualitas udara dan mendorong perubahan gaya hidup masyarakat yang beralih dari penggunaan kendaraan pribadi ke transportasi publik," ungkap Kamaluddin.

Kamaluddin merincikan bahwa para pendaftar mayoritas memilih mengikuti uji coba melalui stasiun Bundaran HI. Di mana, dari 92.348 peserta, 25 ribu diantaranya memilih berangkat dari Stasiun Bundaran HI, dan 19 ribu diantaranya memilih berangkat dari stasiun Lebak Bulus.

"Sedangkan hari keberangkatan yang banyak dipilih oleh pendaftar, yaitu pada hari Sabtu, 16 Maret 2019. Itu ada sebanyak 19.000 orang, dan Minggu, 17 Maret 2019 ada sebanyak 22.000 orang," pungkasnya.

Penulis: Pebby Ade Liana
Editor: Erlina Fury Santika
Sumber: Tribun Jakarta
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved