Breaking News:

Pemilu 2019

Ribuan Warga Binaan di Lapas Pemuda Tangerang Ikut Nyoblos

"Tentunya supaya para Warga Binaan Pemasyarakatan bisa melakukan pencoblosan surat suara dengan nyaman, tanpa ada intervensi," jelas Jumadi

TribunJakarta/Ega Alfreda
Lapas Pemuda Klas IIA Tangerang di Jalan Lapas Pemuda Nomor 1, Kota Tangerang, Selasa (16/4/2019). 

Laporan Wartawan TribunJakarta.com, Ega Alfreda

TRIBUNJAKARTA.COM, TANGERANG - Para narapidana atau Warga Binaan Pemasyarakatan (WBP) akan turut mencoblos dalam Pemilu 2019 besok.

Pasalnya, sebanyak 1.255 WBP Lapas Pemuda Kelas IIA Tangerang akan menggunakan hak suaranya besok, Selasa (17/4/2019).

Kepala Lapas Lapas Pemuda Kelas IIA Tangerang, Jumadi menerangkan, serangkaian persiapannya mulai dari pemasangan tenda Tempat Pemilihan Suara (TPS), hingga panita TPS sudah dilalukan sejak Senin kemarin.

Menurut Jumadi, hal ini perlu dilakukan supaya Pemilu 2019 dapat berjalan dengan lancar, tanpa ada hambatan.

"Tentunya supaya para Warga Binaan Pemasyarakatan bisa melakukan pencoblosan surat suara dengan nyaman, tanpa ada intervensi," jelas Jumadi kepada TribunJakarta.com, Selasa (16/4/2019).

Ia pun tidak lupa meningatkan kepada jajarannya mengenai kodrat sebagai ASN untuk tetap menjaga netralitasnya, sesuai dengan amanat konstitusi.

"Bagi kami untuk tetap menjaga netralitas dalam Pemilu 2019 itu sangat penting, karena pada dasarnya, meskipun kami memiliki hak suara namun harus tetap mengikuti amanat konstitusi," tegas Jumadi.

Lapas Pemuda Tangerang sendiri memiliki dua TPS di Lapas Pemuda Tangerang dan satunya lagi sedang menunggu TPS tambahan hasil keputusan KPU Kota Tangerang.

TPS tambahan ini dibuat untuk 1.282 Daftar Pemilih Tetap Tambahan (DPTb) yang terdiri dari Warga Binaan Pemasyarakatan sebanyak 1.255 orang.

Lalu 27 orang petugas yang menggunakan hak suaranya di Lapas Pemuda Klas IIA Tangerang.

Penangkapan Pria di Dekat Posko Pemenangan M Taufik Berdasarkan Laporan Warga

Males Periksa Mata di Optik? Kamu Bisa Cek Sendiri Loh Pakai Aplikasi Android Ini

Ajakan Kenakan Baju Putih ke TPS, Kapolrestro Bekasi Kota: Sah-sah Saja

Berdasarkan data yang terhimpun, terdapat 5.056 Tempat Pemungutan Suara (TPS) yang tersebar di 13 kecamatan di Kota Tangerang ditambah 25 TPS di Lapas yang tersebar di Kota Tangerang, 10 lagi di Bandara Soekarno-Hatta.

Sedangkan, jumlah Daftar Pemilih Tetap (DPT) Kota Tangerang berjumlah 1.194.190 yang terbagi dari 597.456 DPT berjenis kelamin laki-laki dan 596.734 perempuan.

Penulis: Ega Alfreda
Editor: Erik Sinaga
Sumber: Tribun Jakarta
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved