Pilpres 2019

Semeja Makan Bareng Jokowi di Istana, Zulkifli Hasan Singgung Sahabat dan Pilpres

Spekulasi liar menggelinding di publik pascapertemuan Ketua Umum PAN Zulkifli Hasan dan Presiden Joko Widodo di Istana, Rabu (24/4/2019).

Semeja Makan Bareng Jokowi di Istana, Zulkifli Hasan Singgung Sahabat dan Pilpres
KOMPAS/WISNU WIDIANTORO
Presiden Joko widodo (tengah) berbincang dengan Ketua Majelis Permusyawaratan Rakyat Zulkifli Hasan yang juga Ketua Umum Partai Amanat Nasional dalam acara buka puasa bersama Pimpinan MPR, di Rumah Dinas Ketua MPR, Jakarta, Jumat (2/6/2017). 

TRIBUNJAKARTA.COM, JAKARTA - Spekulasi liar menggelinding di publik pascapertemuan Ketua Umum PAN Zulkifli Hasan dan Presiden Joko Widodo di Istana, Rabu (24/4/2019).

Diketahui, posisi PAN dalam Pilpres 2019 melabuhkan dukungan ke pasangan 02 Prabowo Subianto dan Sandiaga Uno, bersama Gerindra, PKS dan Demokrat.

Apa yang sebenarnya terjadi dalam pertemuan itu? Bukan sebagai Ketum PAN, Zulkifli Hasan ke Istana Negara dalam kapasitasnya sebagai Ketua MPR RI.

Tapi yang merebak di publik, muncul isu PAN akan bergabung dalam koalisi Jokowi-Ma'ruf jika benar hasil perhitungan suara menempatkan capres-cawapres 01 keluar sebagai pemenang Pilpres. 

Simbol rekonsiliasi pasca-Pilpres

Pengamat politik Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah Jakarta, Adi Prayitno, menilai pertemuan Zulkifli Hasan dan Presiden Jokowi sebagai bentuk rekonsiliasi.

Pertemuan keduanya sebagai simbol rekonsiliasi untuk menyejukkan suasana pasca-Pilpres 2019.

"Itu simbol rekonsiliasi, kalau enggak mau rekonsiliasi ngapain capek-capek ke Istana Negara," ungkap Adi Prayitno dilansir Kompas.com dalam artikel: Zulkifli Hasan Bertemu Jokowi di Istana Dinilai Sebagai Bentuk Rekonsiliasi.

"Minimal PAN ini sudah mau mundur satu langkah ataupun PAN ini sudah menurunkan tensi politiknya," sambung Adi saat dihubungi pada Kamis (25/4/2019) malam.

Ia melihat PAN sudah menunjukkan kerendahan hati untuk mengobrol dengan pihak petahana.

Halaman
1234
Penulis: Y Gustaman
Editor: Y Gustaman
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved