Lebaran 2019

Dampak Tiket Pesawat Mahal, PO di Terminal Pulo Gebang Raup Untung

Riatun menuturkan lonjakan kenaikan penumpang yang paling mencolok terjadi untuk bus rute Sumatera, sementara tujuan Jawa sedikit menurun.

Dampak Tiket Pesawat Mahal, PO di Terminal Pulo Gebang Raup Untung
TRIBUNJAKARTA.COM/BIMA PUTRA
Penumpang yang hendak membeli tiket di Terminal Pulo Gebang, Jakarta Timur, Kamis (30/5/2019).  

Laporan Wartawan TribunJakarta.com, Bima Putra

TRIBUNJAKARTA.COM, CAKUNG - Kenaikan harga tiket pesawat jelang musim mudik dan liburan berdampak manis bagi perusahaan otobus (PO) di Terminal Pulo Gebang karena masyarakat beralih menggunakan mode transportasi bus.

Pegawai PO Laju Prima, Riatun mengatakan sejak beberapa hari lalu lonjakan pemudik yang datang ke Terminal Pulo Gebang membeli tiket bus sudah tampak.

"Ada lonjakan karena harga tiket pesawat mahal, sekitar 30 persen lah. Ada peningkatan pokoknya. Kalau dari segi omzet jelas naik, karena jumlah penumpang naik," kata Riatun di Terminal Pulo Gebang, Kamis (30/5/2019).

Riatun menuturkan lonjakan kenaikan penumpang yang paling mencolok terjadi untuk bus rute Sumatera, sementara tujuan Jawa sedikit menurun.

Dia menduga penurunan jumlah pemudik rute Jawa karena banyaknya jumlah TPS pihak selain pemerintah yang menyediakan mudik gratis untuk tujuan Jawa.

"Kalau Jawa agak berkurang karena banyak mudik gratis, seperti mudik gratis kapal laut, kereta api, dan bus. Yang lebih meningkat ke daerah Sumatera," ujarnya.

Pegawai PO Transport Express Jaya, Zaherman juga mengatakan terjadi lonjakan penumpang imbas mahalnya harga tiket pesawat yang tak terjangkau masyarakat.

Merujuk hasil perbincangan dengan calon penumpang bus, Zaherman menyebut warga yang hendak berlibur juga beralih menggunakan bus karena mahalnya harga tiket pesawat.

"Kalau jumlah penumpang dibanding tahun sebelumnya tambah 20 persen. Banyak yang beralih ke bus. Peningkatannya enggak terlalu, tapi meningkat," tutur Zaherman.

Halaman
12
Penulis: Bima Putra
Editor: Wahyu Aji
Sumber: Tribun Jakarta
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved