Lebaran 2019

Ratusan Sopir Bus Jalani Tes Kesehatan dan Administrasi di Terminal Jatijajar, Hanya Satu yang Lulus

Hasilnya, dari 25 PO bus yang menjalani pemeriksaan administrasi hanya ada satu yang lolos atau bisa dikatakan lengkap.

Penulis: Dwi Putra Kesuma | Editor: Wahyu Aji
TRIBUNJAKARTA.COM/DWI PUTRA KESUMA
Koordinator Pelayanan Terminal Jatijajar Angga Kusuma Diharja ketika dijumpai wartawan, Kamis (30/5/2019). 

Laporan Wartawan TribunJakarta.com, Dwi Putra Kesuma

TRIBUNJAKARTA.COM, TAPOS - Ratusan sopir armada bus yang hendak membawa pemudik dari Terminal Jatijajar, Tapos, Kota Depok, menjalani pemeriksaan kesehatan dan tes urine hari ini.

Dilakukan secara mendadak, satu persatu sopir tersebut mengantre untuk diperiksa kesehatannya oleh tim medis dari Dinas Kesehatan Kota Depok.

Koordinator Pelayanan Terminal Jatijajar Angga Kusuma Diharja mengatakan, kegiatan tersebut untuk mengantisipasi kecelakaan pada mudik lebaran yang diakibatkan karena kondisi kesehatan sopir yang kurang fit.

"Tes urine ini digelar mendadak, untuk mengantisipasi adanya kecelakaan akibat kondisi pengemudi yang tidak sehat. Kalau ada sopir yang tidak sehat maka tidak diizinkan berkendara, harus diganti sopirnya," ujar Angga di Terminal Jatijajar, Kamis (30/5/2019).

Hasil dari tes kesehatan pun menyatakan seluruh sopir lulus dan dinyatakan negatif narkoba, serta bisa membawa pemudik ketujuannya masing-masing.

Tak hanya mengecek kesehatan sopir, Angga menuturkan kelayakan dan surat administrasi PO Bus juga turut diperiksa kelengkapannya.

Hasilnya, dari 25 PO bus yang menjalani pemeriksaan administrasi hanya ada satu yang lolos atau bisa dikatakan lengkap.

"Hasilnya dari 25 PO bus, hanya ada satu yang lolos. 24 lainnya itu tidak lolos bukan karena kondisi fisik busnya, tapi administrasinya," kata Angga.

Angga mengatakan, kelengkapan tersebut masih bisa ditolerir oleh pihaknya mengingat Terminal Jatijajar baru pertama kali menjadi terminal mudik lebaran.

"Itu bisa kami tolerir, kami maklumi karena terminal ini kan baru. Mereka belum sempat mengurus perpindahannya," katanya.

Sumber: Tribun Jakarta
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved