Penutupan Rest Area di Jalan Tol Jakarta Cikampek Arah Jakarta Dilakukan Situasional

Penutupan rest area akan dilakukan secara situasional tergantung kepadatan arus lalu lintas

Penutupan Rest Area di Jalan Tol Jakarta Cikampek Arah Jakarta Dilakukan Situasional
TribunJakarta.com/Yusuf Bachtiar
Arus lalu lintas di Jalan Tol Jakarta Cikarang arah Jakarta KM 16 Bekasi. 

Laporan Wartawan TribunJakarta.com, Yusuf Bachtiar

TRIBUNJAKARTA.COM, BEKASI - Jasa Marga sebelumnya sempat berencana melakukan penutupan empat rest area di ruas Jalan Tol Jakarta Cikampek selama 12 jam dari pukul 12.00 hingga Pukul 24.00 WIB pada hari ini, Sabtu (8/6/2019).

Namun hal itu rupanya batal dilakukan, penutupan rest area akan dilakukan secara situasional tergantung kepadatan arus lalu lintas.

Corporate Communications Department Head Jasa Marga Irra Susiyanti dalam keterangan persnya mengatakan, langkah penutupan secara situasional dilakukan setelah hasil rapat dilakukan dengan pemangku kepentingan dan pihak kepolisian.

Sopir Didenda Rp 1,2 Juta Terkait Sekelompok Remaja Hampir Terjepit di Atap Bus Transjabodetabek

Foto Bersama The Avengers, Pengunjung Ancol Ramaikan Pos Pam Polres Jakut

VIDEO Suasana Komunitas Kami Bersama TNI-Polri Siapkan 500 Mangkuk Ketupat untuk Satbrimobda Maluku

"Dengan mempertimbangkan masukan dari para stakeholder terkait dan sesuai dengan diskresi Kepolisian tidak akan menutup rest area secara penuh, namun akan melakukan rekayasa buka tutup rest area secara situasional jika terjadi kepadatan di rest area," kata Irra.

Adapun empat rest area di ruas Tol Jakarta Cikampek ke arah Jakarta yang dilakunan buka tutup yakni rest area KM 62B, KM 52B, KM 42B, dan KM 32B.

Kakorlantas Polri Irjen Refdi Andi selaku pimpinan rapat mengungkapkan, Kepolisian akan mendukung penuh pelaksanaan buka tutup rest area arah Jakarta di Jalan Tol Jakarta-Cikampek.

Pihaknya juga akan menindak tegas pengendara yang berhenti di bahu jalan untuk mengakses rest area sehingga menimbulkan kemacetan.

“Kami akan menambah petugas Kepolisian wilayah di masing-masing area agar titik-titik kepadatan menjelang rest area dapat diantisipasi oleh petugas lebih dini. Selain itu, petugas Kepolisian juga akan membantu proses buka tutup rest area secara situasional,” ungkap Refdi.

Selain itu, Jasa Marga juga menghimbau agar pengguna jalan dapat memanfaatkan rest area di ruas tol sebelum memasuki Tol Jakarta Cikampek. Hal ini untuk mengantisipasi adanya penutupan jika terjadi kepadatan.

“Kami tetap mengimbau pengguna jalan dapat mampir ke rest area-rest area sebelum masuk ke Jalan Tol Jakarta-Cikampek, terutama rest area arah Jakarta. Isi penuh BBM, top up uang elektronik dan beristirahatlah sebelum memasuki Jalan Tol Jakarta-Cikampek,” kata Direktur Operasi Jasa Marga Subakti Syukur.

Pantauan TribunJakarta.com, arus lalu lintas di Jalan Tol Jakarta Cikampek sejauh ini terpantau lancar ke arah Jakarta.

Penulis: Yusuf Bachtiar
Editor: Satrio Sarwo Trengginas
Sumber: Tribun Jakarta
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved