Pilpres 2019

Beberkan Hal Unik di Sidang Sengketa Pilpres 2019, Perludem: Baru Pertama Kali Muncul Hari Ini

Titi Anggraini mengungkapkan ada hal yang berbeda dalam sidang sengketa hasil Pilpres 2019.

Beberkan Hal Unik di Sidang Sengketa Pilpres 2019, Perludem: Baru Pertama Kali Muncul Hari Ini
Tribunnews/Jeprima (Tribunnews/Jeprima)
Ketua Tim Hukum Badan Pemenangan Nasional (BPN), Bambang Widjojanto memberikan pemaparan bukti kecurangan Pilpres 2019 pada sidang perdana sengketa hasil Pilpres 2019 di Mahkamah Konstitusi (MK), Jakarta Pusat, Jumat (14/6/2019). Sidang perdana Perselisihan Hasil Pemilihan Umum atau Sengketa Pilpres mengagendakan pemeriksaan pendahuluan kelengkapan dan kejelasan pemohon dari tim hukum BPN. 

TRIBUNJAKARTA.COM - Direktur Eksekutif Perludem, Titi Anggraini mengungkapkan ada hal yang berbeda dalam sidang sengketa hasil Pilpres 2019, dibandingkan dengan sidang sengketa hasil pilpres sebelumnya.

Diberitakan TribunWow.com, hal tersebut disampaikan Titi saat menjadi narasumber di acara Apa Kabar Indonesia Malam tvOne, Minggu (16/6/2019).

Dalam pemaparannya, Titi mengungkapkan ada hal yang unik dan baru pertama kali terjadi dalam sidang sengketa tahun 2019 dibandingkan dengan sidang-sidang sebelumnya pada tahun 2004, 2009, dan 2014.

 

 

"Permohonan 02 ini, kalau kita kan ini bukan pengalaman pertama kita sengketa hasil. 2004 kita pertama kali mengalami sengketa hasil pilpres, 2009, 2014, dan sekarang yang keempat," kata Titi.

"Ada hal-hal yang memang unik dan baru pertama kali itu muncul hari ini," ungkapnya.

Dijelaskan Titi, yang paling kecil dan sederhana, misalnya pembacaan permohonan di podium.

"Kalau biasanya permohonan dibacakan di meja pemohon, sekarang dibacakan di podium," kata Titi.

Titi menilai, hal ini menyebabkan seolah-olah ada impresi bahwa pihak pemohon ingin memperlihatkan kesungguhan mereka atas permohonan tersebut.

"(Seolah) ini ada persoalan besar yang ingin disampaikan oleh pihak pemohon. Itu hal-hal sederhana, karena kan kebetulan kita sering hadir di Mahkamah," papar Titi.

Jadi menyampaikan di podium, gesture dan lain sebagainya itu punya pesan banyak hal."

Halaman
123
Editor: Rr Dewi Kartika H
Sumber: TribunWow.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved