Breaking News:

Warga di Luar Kota Bekasi Bisa Daftar PPDB SMPN Melalui Jalur Prestasi

Sementara, daya tampung keseluruhan SMPN di Kota Bekasi tahun ajaran 2019/2020 sebesar 14.544 kursi dari 56 sekolah negeri

Penulis: Yusuf Bachtiar | Editor: Muhammad Zulfikar
TRIBUNJAKARTA.COM/Yusuf Bachtiar
Kadisdik Kota Bekasi Inayatullah saat dijumpai di Kantor Disdik Kota Bekasi Bekasi Timur. 

Laporan Wartawan TribunJakarta.com, Yusuf Bachtiar

TRIBUNJAKARTA.COM, BEKASI TIMUR - Kepala Dinas Pendidikan Kota Bekasi, Inayatullah memastikan, calon peserta didik yang memiliki tempat tinggal di luar Kota Bekasi tetap bisa mendaftar SMP Negeri di wilayah setempat melalui jalur prestasi.

"Boleh (siswa yang berdomisili di luar Kota Bekasi), syaratnya ya membawa berkas kelulus SD asalnya, lalu sama nilai USBN-nya kalau di mau melaui jalur prestasi berdasarkan nilai," kata Inayatullah kepada TribunJakarta.com, Rabu (19/6/2019).

Adapun jalur prestasi PPDB SMPN di Kota Bekasi terdiri dari prestasi berdasarkan nilai USBN dengan daya tampung kuota sebesar 3 persen, prestasi akademik dan nonakademik seperti kejuaraan atau olimpiade daya tampung kuota sebesar 1 persen, dan prestasi dibidang tahfidz quran sebesar 2 persen.

"Daftar dulu mereka (siswa yang berdomisi di luar Kota Bekas) verifikasi berkas prestasinya enggak harus pakai berkas pindah rayon," ungkap Inyatullah.

PPDB tahun ajaran 2019/2020, Disdik Kota Bekasi membuka tiga jalur pendaftaran. Pertama, jalur zonasi terdiri dari zonasi radius dengan kuota daya tampung sebanyak 83 persen dan zonasi afirmasi kuota daya tampung 10 persen.

VIDEO Taman Interaksi di Cipinang Melayu yang Punya Kebun Sayur Mini

Lalu yang kedua jalur prestasi, seperti yang telah dipaparkan dan ketiga, jalur perpindahan tugas orang tua atau wali bagi peserta didik yang berasal dari anak kandung anggota TNI/Polri, PNS dan Pegawai BUMN.

Jalur zonasi diperuntukkan untuk siswa yang letak rumah tinggalnya dekat dengan sekolah tujuan.

Sebab, semakin dekat jarak rumah dengan sekolah tujuan semakin tinggi poin yang didapat siswa.

Poin ini nantinya akan dijadikan acuan apakah siswa berhak lolos PPDB di sekolah yang dituju dengan diakumulasi nilai USBN.

Sementara, daya tampung keseluruhan SMPN di Kota Bekasi tahun ajaran 2019/2020 sebesar 14.544 kursi dari 56 sekolah negeri yang ada diwilayah setempat. Jumlah ini hanya bisa menampung 31 persen dari total angkatan SD/sederajat yang hendak masuk ke jenjang SMP sebesar 43.768 siswa di tahun ajaran ini.

Sumber: Tribun Jakarta
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved