PPDB 2019

Panitia Angkat Bicara Soal Orang Tua Calon Murid SMAN 1 Jakarta Tak Paham PPDB Non Zonasi

Orang tua CPDB, Muhaimin (47), mendatangi SMAN 1 Jakarta lantaran belum paham ihwal aturan PPDB 2019 jalur non-zonasi.

Panitia Angkat Bicara Soal Orang Tua Calon Murid SMAN 1 Jakarta Tak Paham PPDB Non Zonasi
TribunJakarta.com/Muhammad Rizki Hidayat
Sekretaris Panitia PPDB SMAN 1 Jakarta, Endi Sopandi (kanan), sedang bertugas di posko PPDB 2019 jalur zonasi afirmasi di SMAN 1 Jakarta, Jalan Budi Utomo, Jakarta Pusat, Senin (1/7/2019). 

Laporan Wartawan TribunJakarta.com, Muhammad Rizki Hidayat

TRIBUNJAKARTA.COM, SAWAH BESAR - Orang tua Calon Peserta Didik Baru (CPDB), Muhaimin (47), mendatangi SMAN 1 Jakarta lantaran belum paham ihwal aturan PPDB 2019 jalur non-zonasi.

Kata Muhaimin, berulang kali dirinya mencari penjelasan soal Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) 2019 jalur non-zonasi melalui tetangganya, tapi merasa tak paham juga.

"Kan saya sama anak saya ini tinggalnya di Jakarta Timur, tapi anak saya ingin sekolahnya di Jakarta Pusat, SMAN 1 Jakarta ini. Makanya saya langsung ke sini saja buat memastikan aturannya kayak bagaimana," kata Muhaimin, di Gedung SMAN 1 Jakarta, Jalan Budi Utomo, Jakarta Pusat, Senin (1/7/2019).

Sementara, Sekretaris Panitia PPDB 2019 SMAN 1 Jakarta, Endi Sopandi, menjelaskan tentang aturan PPDB 2019 non-zonasi.

Endi, sapaannya, mengatakan PPDB 2019 jalur non-zonasi ini ada dua tahap.

"PPDB jalur non-zonasi tahap pertama diperuntukkan bagi CPDB yang berdomisili di Jakarta. Lalu, CPDB yang bertempat tinggal atau berdomisili di luar Jakarta, dan belum pernah mendaftar atau tidak diterima pada PPDB jalur Zonasi," jelas Endi.

Endi melanjutkan, PPDB 2019 jalur non-zonasi tahap pertama memiliki kuota 30 persen dari daya tampung kedua.

"Dengan rincian paling sedikit itu 25 persen CPDB yang berdomisili Jakarta. Dan yang paling banyak ya 5 persen dari CPDB yang berdomisili di luar Provinsi DKI Jakarta," ucap Endi.

Pendaftaran PPDB SMP SMA Jakarta 2019 Jalur Non Zonasi Dibuka Besok, Simak Aturannya!

PPDB SMPN Kota Bekasi, Orang Tua Nekat Daftarkan Anak ke Sekolah Favorit Meski Jarak Rumah Jauh

Jalur non-zonasi tahap kedua, sambungnya, akan dilakukan jika terdapat kuota dari pelaksanaan jalur non-zonasi tahap pertama.

"Ini juga hanya diperuntukkan bagi CPDB yang berdomisili di Jakarta. Dengan syarat tidak diterima pada PPDB jalur zonasi maupun PPDB jalur non-zonasi tahap pertama," jelas Endi.

"Lalu yang diterima, tetapi tidak lapor diri pada PPDB jalur zonasi maupun PPDB jalur non-zonasi tahap pertama. Dan belum pernah mendaftar pada PPDB jalur zonasi maupun PPDB jalur non-zonasi tahap pertama," pungkasnya.

Penulis: Muhammad Rizki Hidayat
Editor: Ferdinand Waskita Suryacahya
Sumber: Tribun Jakarta
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved