Warga Keluhkan Sampah Menumpuk di Kali Tegal Amba Jakarta Timur

Kali Tegal Amba melintas di tiga kelurahan yang ada di wilayah Jakarta Timur yakni Kelurahan Pondok Bambu, Duren Sawit dan Klender.

Warga Keluhkan Sampah Menumpuk di Kali Tegal Amba Jakarta Timur
TribunJakarta/Nur Indah Farrah Audina
Kali Tegal Amba yang dipenuhi sampah dan air yang berwarna hitam, Jumat (5/7/2019) 

Laporan Wartawan TribunJakarta.com, Nur Indah Farrah Audina

TRIBUNJAKARTA.COM, DUREN SAWIT - Warga RW 1 Kelurahan Pondok Bambu keluhkan sampah yang menumpuk di Kali Tegal Amba, Jakarta Timur.

Kali Tegal Amba melintas di tiga kelurahan yang ada di wilayah Jakarta Timur yakni Kelurahan Pondok Bambu, Duren Sawit dan Klender.

Pantauan TribunJakarta.com, melalui Jalan Gendang Kelurahan Pondok Bambu, Duren Sawit, Jakarta Timur sampah terlihat menumpuk dan berserakan di sepanjang kali.

Mulai dari sampah bekas minuman, makanan hingga sampah plastik terlihat menggenang di atas permukaan air yang berwarna hitam itu.

Jika menelusuri lebih jauh, kali ini terputus hanya sampai di Jalan Amal Kelurahan Pondok Bambu, Duren Sawit, Jakarta Timur.

Muhammad Lika, warga RW 1 Kelurahan Pondok Bambu mengatakan sudah lebih dari dua bulan sampah di kali tidak dibersihkan. Sehingga kondisi sampah menumpuk.

"Biasanya seminggu sekali dibersihkan sama pasukan oren pakai karung. Ada juga dari UPK Badan Air pakai excavator amfibi. Tapi ini udah dua bulan lebih enggak dibersihkan," tuturnya, Jumat (5/7/2019).

Pria yang biasa disapa Lika ini juga menceritakan kondisi kali mempengaruhi kondisi di lingkungan sekitar. Ketika menjelang malam, banyaknya nyamuk di tempat tinggalnya akibat sampah yang menumpuk kerap kali membuat dirinya harus memakai lotion anti nyamuk berulang-ulang kali.

"Di sini kalau sudah malam nyamuknya banyak. Makin banyak kalau kondisi kali kayak gitu. Nyamuk betah kan akhirnya jadi sarang nyamuk. Saya pakai lotion nyamuk juga enggak mempan kalau cuma sekali dua kali," sambungnya.

Dapat Kepercayaan Bermain 3 Laga, Feby Eka Putra Siap Jawab Kepercayaan Pelatih Persija Jakarta

VIDEO 2 Motor Raib Digasak Maling Hanya Dalam Waktu 5 Menit di Johar Baru

Sebabkan Kemacetan dan Jalan Rusak: Warga Keluhkan Galian PLN di Ciracas

Ayu warga lainnya juga mengatakan hal senada. Ia membenarkan tidak adanya petugas selama beberapa bulan terakhir.

"Petugasnya udah lama enggak ke situ. Padahal biasanya rajin, seminggu atau dua minggu sekali pasti bersihkan sampah di kali. Kan itu kali buntu sampai di Jalan Amal. Jadi seringnya pasukan oren bersihin dari Jalan Gendang sampai Jalan Amal," tutupnya.

Kondisi kali yang memprihatinkan, membuat warga sekitar berharap adanya tindak lanjut dari petugas terkait. Sebab warga khawatir terjangkitnya penyakit Demam Berdarah Dengue (DBD).

Penulis: Nur Indah Farrah Audina
Editor: Erik Sinaga
Sumber: Tribun Jakarta
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved