Tips Aman Mengolah Ikan Lele dan Cara Hilangkan Bau Amis

Bagi Anda yang ingin mengolah lele, usahakan membeli ikan dalam keadaan hidup sehingga mendapatkan hasil daging yang fresh

Tips Aman Mengolah Ikan Lele dan Cara Hilangkan Bau Amis
TribunJakarta.com/Anisa Kurniasih
Hidangan Namazu Kabayaki, menu baru Ichiban Sushi yang berbahan dasar ikan lele. 

Laporan Wartawan TribunJakarta.com, Anisa Kurniasih

TRIBUNJAKARTA.COM, SETIABUDI - Ikan lele menjadi kuliner kesukaan sebagian orang khususnya di Indonesia.

Selain tekstur dagingnya yang lembut, ikan air tawar ini bisa dibeli dengan harga yang terjangkau sehingga semua orang bisa menikmatinya.

Namun sebagian orang terkadang merasa kesulitan untuk mengolah ikan tersebut karena tubuhnya yang licin dipegang dan memiliki kumis yang tajam.

Bagi Anda yang ingin mengolah lele, usahakan membeli ikan dalam keadaan hidup sehingga mendapatkan hasil daging yang fresh.

Nah TribunJakarta.com telah merangkum tips mengolah ikan lele agar mudah diolah berdasarkan tips dari internal chef restoran Jepang Ichiban Sushi yaitu Chef Herdian.

"Untuk mengolah ikan lele yang masih hidup, cara mematikannya yang paling simpel adalah dengan menusuk matanya terlebih dahulu setelah tubuhnya tenang baru bisa dibersihkan bagian perutnya atau bisa juga di fillet," ujar Chef Herdian kepada TribunJakarta.com, Senin (8/7/2019) saat pengenalan menu baru Ichiban Sushi Namazu Kabayaki di Kuningan City, Jakarta Selatan.

Bos Persija Jakarta Rasakan Emosional Berbeda Saat Hadapi Persib Bandung di Kandang

Setelah itu, bagian kepala bisa dibuang jika ingin memakai bagian dagingnya saja dengan cara memfillet di sisi kanan dan kiri.

Nah selain hal diatas, kita tahu bahwa ikan lele memiliki ciri khas bau tanah dan amis karena hidup di air tawar.

Untuk menghilangkan hal itu, Chef Herdian pun memberikan sedikit cara yang praktis bagi para ibu dirumah yang ingin menyajikan hidangan ikan lele.

"Di Jepang, cara menghilangkan bau amis itu biasanya menggunakan cuka, sake, jahe dan juga jeruk nipis tapi kalau di indonesia dengan cuka juga sudah bisa," ujarnya.

Ia pun menjelaskan bahwa daging ikan lele cukup direndam pada air cuka namun jangan terlalu lama agar tekstur daging tidak hancur saat diolah.

Selamat mencoba ya Tribuners!

Penulis: Anisa Kurniasih
Editor: Muhammad Zulfikar
Sumber: Tribun Jakarta
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved