GIIAS 2019

Indonesia Banyak Datangkan Mobil Listrik dari Luar Negeri, Kemenperin Bakal Adopsi Standar UNECE

Kepala Besar Bahan dan Barang Teknik (B4T) Kemenperin Budi Susanto menyebut Indonesia banyak datangkan mobil listrik dari luar negeri.

Indonesia Banyak Datangkan Mobil Listrik dari Luar Negeri, Kemenperin Bakal Adopsi Standar UNECE
TribunJakarta.com/Anisa Kurniasih
peng├╣njung GIIAS 2018 yang sedang melihat mobil listrik Wuling E100 di ICE BSD Tangerang. 

Laporan Wartawan TribunJakarta.com, Muhammad Rizki Hidayat

TRIBUNJAKARTA.COM, TANGERANG - Kepala Besar Bahan dan Barang Teknik (B4T) Kementerian Perindustrian (Kemenperin) Budi Susanto menyebut Indonesia banyak datangkan mobil listrik dari luar negeri.

Hal ini mendorong Kemenperin untuk mengadopsi standar dari United Economic Commission for Europe (UNECE).

Pria yang akrab disapa Budi ini menyebut hal ini dilakukan guna mempermudah proses impor barang pada sektor kendaraan roda dua atau roda empat.

"Terkait dengan komponen juga sedang disusun," kata Budi, pada seminar bertema 'Challenge of Future Vehicle Technology and Regulation' di acara Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2019, ICE BSD, Tangerang, Selasa (23/7/2019).

Nantinya, kata Budi, komponen tersebut harus meliputi standar utama yang menghasilkan keselamatan, kenyamanan, dan juga kebaikan untuk lingkungan.

"Sekarang pemerintah juga masih membuat daftar produk apa saja yang akan disesuaikan dengan standar luar negeri. Dalam hal ini Eropa ya," jelasnya.

Sebabnya, UNECE sendiri adalah organisasi internasional yang berwenang untuk menetapkan standar dan konvensi guna memfasilitasi kolaborasi secara global.

Budi berharap, adopsi regulasi UNECE ini dapat berjalan lancar demi memajukan industri otomotif dan ekonomi di Indonesia.

"Semoga saja berhasil dilakukan nantinya ya. Ini juga kan demi kebaikan Indonesia," pungkasnya.

Halaman
12
Penulis: Muhammad Rizki Hidayat
Editor: Ferdinand Waskita Suryacahya
Sumber: Tribun Jakarta
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved