HUT ke 74 Kemerdekaan RI

Latihan Pembawa Baki Paskibraka Nasional 2019 Gunakan Botol Mineral

Pembagian posisi Paskibraka Nasional 2019 yang bertugas mengibarkan bendera merah putih di Istana Merdeka 17 Agustus nanti jadi kewenangan pelatih.

Latihan Pembawa Baki Paskibraka Nasional 2019 Gunakan Botol Mineral
TRIBUNJAKARTA.COM/BIMA PUTRA
Paskibraka Nasional 2019 saat berlatih di PP PON Cibubur, Jakarta Timur, Senin (29/7/2019) 

Laporan Wartawan TribunJakarta.com, Bima Putra

TRIBUNJAKARTA.COM, CIRACAS - Pembagian posisi Paskibraka Nasional 2019 yang bertugas mengibarkan bendera merah putih di Istana Merdeka 17 Agustus nanti jadi kewenangan pelatih.

Pelatih Paskibraka Nasional 2019 Letkol Amar mengatakan penentuan siapa yang jadi pembawa baki berdasarkan penilaian selama Paskibraka Nasional menjalani latihan di PP PON Cibubur.

"Dia harus menguasai apa yang dikerjakan, langkahnya harus dipelajari. Tidak seperti langkah saat dia berjalan, menghadap ke Irup seperti apa, pembawaan bakinya seperti apa," kata Amar di PP PON Cibubur, Senin (29/7/2019).

Satu program latihan calon pembawa baki Paskibraka Nasional 2019 yakni membawa botol air mineral sambil berjalan tanpa membuat botol tersebut bergulir.

Amar yang tercatat sebagai anggota Kosgartap I Jakarta menuturkan dari botol mineral yang dibawa itu terlihat kemampuan calon pembawa baki.

"Kadang-kadang kita coba menggunakan botol air supaya enggak bergetar. Kalau itu saja sudah enggak terbalik di antaranya dia sudah bisa untuk menguasai tangannya supaya tetap dalam kondisi yang stabil," ujarnya.

Bagi pembawa baki, Amar menyebut stabilnya posisi tangan merupakan hal penting karena membawa pusaka bendera merah putih yang sakral.

Selain menggunakan botol mineral, program latihan lain yang bisa menunjukkan kemampuan calon pembawa baki yakni membawa batu.

"Itu hanya sekedar simulasi saja, tidak musti itu. Kadang-kadang kita pakai batu supaya latihan tangannya kuat. Semuanya menuju bagaimana dia membawa yang baik, secara fisik juga dia kuat," tuturnya.

Halaman
1234
Penulis: Bima Putra
Editor: Ferdinand Waskita Suryacahya
Sumber: Tribun Jakarta
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved