LPDB-KUMKM Sosialisasikan SOP Pinjaman Dana Bergulir

Direktur Utama LPDB-KUMKM Braman Setyo mengatakan, LPDB-KUMKM melakukan pembenahan internal dua tahun terakhir

LPDB-KUMKM Sosialisasikan SOP Pinjaman Dana Bergulir
Dok LPDB
Dirut LPDB KUMKM Braman Setyo saat sosialisasi Prosedur Operasional Standar (POS) Pinjaman Bersama Dinas Koperasi dan UKM Provinsi Jawa Barat 

TRIBUNJAKARTA.COM- Lembaga Pengelola Dana Bergulir Kementerian Koperasi dan UKM (LPDB-KUMKM) terus melakukan sosialisasi Standar Operasional Prosedur (SOP) Pinjaman bersama Dinas Koperasi dan UKM Provinsi Jawa Barat dan pejabat Kementerian Koperasi dan UKM di Bandung, Jawa Barat, Jumat (26/7).

Sosialisasi tersebut guna meningkatkan pelayanan ke mitra koperasi dan UKM.

Direktur Utama LPDB-KUMKM Braman Setyo mengatakan, LPDB-KUMKM melakukan pembenahan internal dua tahun terakhir, yakni dari segi SOP penyaluran pinjaman.

"Hal ini merupakan upaya preventif LPDB guna melindungi dana bergulir yang disalurkan ke mitra, mengingat sumber dana berasal dari APBN yang harus dipertanggungjawabkan dan disalurkan tepat sasaran," kata Braman dalam keterangan pers yang diterima TribunJakarta, Selasa (30/7/2019).

Menurut Braman, jangan sampai terjadi penyelewengan, baik oleh pengurus koperasi maupun oknum-oknum yang mengambil kesempatan.

Kata dia, payung hukum dan kebijakan prosedur internal LPDB terus dibenahi untuk menghindari hal-hal terkait hukum.

Pihak LPDB memahami apa yang dikeluhkan para pelaku usaha yakni koperasi dan UKM saat mengakses dana bergulir LPDB.

Terkait hal tersebut, LPDB mengapresiasi dan berterima kasih kepada Sesmenkop Bapak Rully Indrawan yang telah menginisiasi pertemuan antar pihak, khususnya terkait permasalahan internal LPDB.

Apresiasi juga ditujukan kepada Kepala Dinas Koperasi dan UMKM Provinsi Jawa Barat dan Paguyuban Pasundan yang memberikan kesempatan LPDB menjelaskan apa yang terjadi selama ini.

Pihak LPDB memperhatikan arahan dan langkah-langkah pihak pusat, yakni Kementerian Koperasi dan UKM terkait perubahan regulasi, baik internal maupun eksternal.

Halaman
1234
Editor: Erik Sinaga
Sumber: Tribun Jakarta
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved