HUT ke 74 Kemerdekaan RI

Paskibraka Pembawa Baki Bendera Pusaka Ditentukan Jelang Upacara di Istana Merdeka

Sosok perempuan pembawa baki bendera pusaka di upacara pengibaran bendera saat upacara HUT Kemerdekaan RI di Istana Merdeka selalu jadi sorotan.

Paskibraka Pembawa Baki Bendera Pusaka Ditentukan Jelang Upacara di Istana Merdeka
TRIBUNJAKARTA.COM/BIMA PUTRA
Paskibraka Nasional 2019 saat berlatih di PP PON Cibubur, Jakarta Timur, Senin (29/7/2019) 

Laporan Wartawan TribunJakarta.com, Bima Putra

TRIBUNJAKARTA.COM, CIRACAS - Sosok perempuan pembawa baki bendera pusaka di upacara pengibaran bendera saat upacara HUT Kemerdekaan RI di Istana Merdeka selalu jadi sorotan.

Di jajaran Paskibraka Nasional 2019 yang sejak 25 Juli lalu digembleng di PP PON Cibubur, Jakarta Timur tercatat ada 34 kandidat perempuan yang berpotensi jadi pembawa baki.

Pembina Paskibraka Nasional 2019 Wahyu Saputra mengatakan sosok pembawa baki bakal ditentukan pelatih menjelang upacara pengibaran bendera 17 Agustus nanti.

"Satu hari sebelum hari H, itu kewenangan pelatih. Kalau kita (pembina) hanya memotivasi adik-adik biar semangat. Begitu di kelas kita berikan masukan lagi supaya tetap bisa diperbaiki," kata Wahyu di PP PON Cibubur, Jakarta Timur, Senin (29/7/2019).

Nantinya 13 pelatih gabungan yang terdiri dari anggota TNI-Polri menguji setiap kandidat yang mewakili tempat asalnya sebagai pembawa baki.

Wahyu menuturkan perkembangan kemampuan setiap Paskibraka Nasional 2019 yang harus berlatih sejak pukul 07.00 WIB hingga 17.00 WIB terus dipantau.

"Masih belajar lah, semuanya harus bisa. Nanti yang menentukan pelatih, jadi semua harus bisa di semuanya. Setiap hari berjalan, itu kewenangan pelatih," ujarnya.

Pelatih Paskibraka Nasional 2019 Letkol Amar di PP PON Cibubur, Jakarta Timur, Senin (29/7/2019).
Pelatih Paskibraka Nasional 2019 Letkol Amar di PP PON Cibubur, Jakarta Timur, Senin (29/7/2019). (TRIBUNJAKARTA.COM/BIMA PUTRA)

Pelatih Paskibraka Nasional 2019 Letkol Amar yang tercatat anggota Kosgartap I Jakarta membenarkan bila posisi pembawa baki ditentukan jelang hari H.

Selain menguasai peraturan baris-berbaris, kondisi mental ikut jadi penentu siapa Paskibraka Nasional 2019 yang berhak atas posisi pembawa baki.

Halaman
1234
Penulis: Bima Putra
Editor: Ferdinand Waskita Suryacahya
Sumber: Tribun Jakarta
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved