Idul Adha 2019

Begini Perawatan Sapi Presiden Jokowi Agar Tetap Bugar dan Tidur Lebih Nyenyak

Agar tidur nyenyak tidak diganggu nyamuk, di dekat kandang sapi dibakar sekam padi setiap malam

Begini Perawatan Sapi Presiden Jokowi Agar Tetap Bugar dan Tidur Lebih Nyenyak
KOMPAS.com/JUNAEDI
Sapi jenis simental berbobot satu ton lebih dibeli Presiden Jokowi seharga Rp 85 Juta 

TRIBUNJAKARTA.COM, POLEWALI MANDAR- Sapi kurban berbobot 1,05 ton yang dibeli Presiden Jokowi dari peternak di Polewali Mandar, Sulawesi Barat, diberi perawatan khusus.

Agar tidur nyenyak tidak diganggu nyamuk, di dekat kandang sapi dibakar sekam padi setiap malam. Sapi yang diberi nama Mike Tyson itu juga dibelikan karpet hitam seharga Rp 2 juta yang dibeli dari Surabaya.

Farid, anak Abdul Rahim peternak yang menjual sapi itu menuturkan, karpet hitam senilai Rp 2 juta agar sapi jenis simental ini tetap sehat bugar dan berat badannya tak menurun hingga dikurbankan.

“Karpetnya ini dibeli di Surabaya seharga Rp 2 juta lebih. Kalau pakai karpet, Tyson bisa tidur lebih nyenyak,” tutur Farid, Selasa (6/8/2019).

Selain itu, makanan Tyson juga dijaga. Tyson diberi pakan khusus berupa rumput hijau dicampur ampas tahu dan batang pisang, plus vitamin untuk mempertahankan kebugaran tubuhnya.

Selain itu Tyson juga rutin dimandikan dua kali sehari yakni setiap pagi dan sore hari layaknya manusia. Kandang Tyson juga dijaga 24 jam agar tidak dicuri atau untuk menjaga dari segala kemungkinan.

Meski tak mendapat perintah agar sapi Jokowi ini dirawat dan dijaga dengan intensif, Farid menilai dia bertanggung jawab merawat dan memelihara dengan baik sapi kesayanganya yang dibeli Kepala Negara.

Rilis Besok, Ini Spesifikasi Oppo K3 Ada Tiga Varian Warna, Harga Mulai dari Rp 3 Jutaan

Ditemukan Tulang Belulang Manusia di Dekat Tol Plumpang, Batok Kepala dan Gigi Masih Utuh

Dishub DKI Jakarta Tegaskan Perluasan Ganjil Genap Berlaku Sepanjang Tahun

Sapi yang dijual seharga Rp 85 juta ini akan dibawa ke Ibu Kota Sulawesi Barat yakni Kabupaten Mamuju, Sabtu (10/8/2019) pagi untuk dikurbankan.

Peternak Abdul Rahim mengatakan, ini merupakan ketiga kalinya Jokowi kembali menyumbangkan satu ekor sapi kurban berbobot satu ton lebih untuk kaum dhuafa dan fakir miskin di Sulawesi Barat.

Sebelumnya pada 2017 dan 2018, Kepala Negara juga membeli sapi kurban dari peternak sapi di kecamatan yang sama. Hal itu yang membuat Abdul termotivasi untuk mengembangkan sapinya.

Artikel ini telah tayang di Tribunnews.com dengan judul Ritual Khusus agar Sapi Kurban Presiden Jokowi di Sulawesi Anti Digigit Nyamuk

Editor: Erik Sinaga
Sumber: Tribunnews
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved