Idul Adha 2019

Bupati Sidak Lapak Hewan Kurban di Kabupaten Tangerang: Sebut 100 Persen Sehat

Zaki terpantau melakukan pemeriksaan ke beberapa pedagang hewan kurban yang tersebar di Kecamatan Kelapa Dua, Kabupaten Tangerang

Bupati Sidak Lapak Hewan Kurban di Kabupaten Tangerang: Sebut 100 Persen Sehat
TribunJakarta/Ega Alfreda
Bupati Tangerang, Ahmed Zaki Iskandar saat meninjau lapak hewan kurban di kawasan Kelapa Dua, Kabupaten Tangerang, Jumat (9/8/2019) 

Laporan Wartawan TribunJakarta.com, Ega Alfreda

TRIBUNJAKARTA.COM, KELAPA DUA - Bupati Tangerang, Ahmed Zaki Iskandar melakukan sidak terhadap beberapa pedagang hewan kurban di kawasan Kabupaten Tangerang.

Zaki terpantau melakukan pemeriksaan ke beberapa pedagang hewan kurban yang tersebar di Kecamatan Kelapa Dua, Kabupaten Tangerang, Jumat (9/8/2019).

"Pemeriksaan kesehatan hewan kurban bertujuan untuk mengetahui masalah kesehatan sebelum dilakukan pemotongan dan sesudah pemotongan. Semuanya sehat, kita sudah lakukan pengecekan secara menyeluruh," kata Zaki di Becongan bersama Dinas Pertanian, Peternakan dan Ketahanan Pangan Kabupaten Tangerang.

Ia mengklaim, hewan kurban yang sudah ia cek di Kabupaten Tangerang terutama di Kecamatan Kelapa dua sudah laik untuk disembelih dan dikonsumsi pada Hari Raya Idul Adha.

Menurutnya, hal itu dibuktikan melalui beberapa pemeriksaan oleh dokter hewan dan petugas lainnya melalui sampel darah, pemeriksaan gigi, dan fisik.

"Alhamdulillah sudah hampir 100 persen pemeriksaan dan seluruhnya dalam keadaan kategori aman, sehat, utuh dan halal. Kalau dilihat dari fisiknya semua hewan kurban dalam keadaan sehat baik kambing maupun sapi juga dombanya, dari segi usia sudah masuk semua untuk sapi di atas dua tahun yang untuk kambing di atas satu tahun, secara umum semua sudah layak dan aman sesuai sariat islam," ungkap Zaki.

Sementara, Gufron seorang pedagang hewan kurban di wilayah Bencongan, Kecamatan Kelapa Dua, mengatakan bahwa hewan dagangannya sudah dinyatakan layak untuk dikonsumsi.

Ini Tips Mengatur Keuangan Agar Bisa Tunaikan Ibadah Kurban Setiap Tahun

Viral Pasangan Pacaran LDR 2,5 Tahun Berawal dari Tinder hingga Menikah, Simak Perjuangan Sang Pria

3 Orang Tewas Terpanggang, Pemilik Bangunan di Cipayung Berencana Buat Pintu Darurat

Jenis hewan kurban yang ia jual pun berasal dari Bali, Bima, Dan daerah Jawa, sedangkan kambing kebanyakan dari Cianjur dan sekitarnya dan sudah dilakukan pengecekan oleh petugas dan dinyatakan layak jual dan layak konsumsi.

"Di tempat saya ada sekitar 250 hewan kurban sapi dan kambing yang telah diperiksa kesehatannya oleh dokter hewan," singkatnya.

Penulis: Ega Alfreda
Editor: Erik Sinaga
Sumber: Tribun Jakarta
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved