Antisipasi Kemacetan Pemeliharaan Jalan Tol Jakarta-Cikampek, Jasa Marga Rekayasa Lalu Lintas

Rekayasa yang dilakukan berupa pengaturan lalu lintas di lokasi pekerjaan dengan sistem buka tutup di bahu luar lokasi pekerjaan.

Antisipasi Kemacetan Pemeliharaan Jalan Tol Jakarta-Cikampek, Jasa Marga Rekayasa Lalu Lintas
ISTIMEWA/Dokumentasi Jasa Marga
Ilustrasi proses pengerjaan rekontruksi rigit di Jalan Tol Jakarta-Cikampek. 

TRIBUNJAKARTA.COM, BEKASI - Jalan Tol Jakarta-Cikampek bakal ada perbaikan jalan dengan metode rekonstruksi rigid selama lima hari.

Irra Susiyanti, Corporate Communication Department Head PT Jasa Marga Tbk, mengatakan, pengerjaan akan berlangsung di Tol Jakarta-Cikampek arah Jakarta di KM 37+635 hingga KM 37+510 pada Lajur 1 dengan panjang penanganan sebanyak 125 meter.

"Pekerjaan akan berlangsung selama lima hari kerja, yang dimulai besok pagi, hari Senin, 12 Agustus 2019, pukul 10.00 WIB hingga hari Jumat, 16 Agustus pukul 05.00 WIB," kata Irra, Minggu (11/8/2019).

Oleh karena itu pihaknya menyiapkan rekayasa lalu lintas untuk mengantisipasi kemacetan akibat pengerjaan.

Rekayasa yang dilakukan berupa pengaturan lalu lintas di lokasi pekerjaan dengan sistem buka tutup di bahu luar lokasi pekerjaan.

Lalu lintas arah Cikampek akan berjalan normal tanpa ada penutupan total.

Ada Pekerjaan Rekonstruksi Jalan, Tol Jakarta-Cikampek Bakal Menyempit

"Selain itu, jika kondisi padat, maka dipersiapkan contra flow di Jalan Tol Jakarta-Cikampek dari KM 41+000 s.d KM 35+000 untuk mencairkan kepadatan menjelang titik lokasi pekerjaan," kata Irra.

Untuk memastikan informasi ini diterima oleh pengguna jalan, Jasa Marga Cabang Jakarta-Cikampek telah melakukan sosialisasi rencana pekerjaan dengan memasang spanduk imbauan pekerjaan dan Variable Message Sign (VMS) di Jalan Tol Cikampek arah Cikampek.

Selain itu, pihaknya juga berkoordinasi dengan pihak Manajemen Konstruksi (MK) untuk pengaturan jadwal dengan proyek lainnya yang ada di koridor Jalan Tol Jakarta-Cikampek.

"Jasa Marga mengimbau pengguna jalan dapat mengantisipasi perjalanan sebelum memasuki jalan tol,” kata Irra.

Jika akan mengambil jalur alternatif lain untuk menghindari lokasi pekerjaan maka pengguna jalan dapat keluar melalui Gerbang Tol (GT) Cikarang Timur dan masuk kembali ke Jalan Tol Jakarta-Cikampek melalui GT Cikarang Pusat. (Jimmy Ramadhan Azhari)

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul Ada Pemeliharaan Tol Jakarta-Cikampek, Begini Rekayasa Lalu Lintasnya Selama Lima Hari

Editor: Wahyu Aji
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved