Demi Tingkatkan Kapasitas Lulusan SMK, British Council & HSBC Gelar Program Career Day

British Council dan HSBC berkomitmen untuk terus mendukung pendidikan dan pembangunan di Indonesia melalui berbagai program peningkatan kapasitas.

Demi Tingkatkan Kapasitas Lulusan SMK, British Council & HSBC Gelar Program Career Day
Dok. IST
HSBC & British Council Gelar Program Career Day 

TRIBUNJAKARTA.COM -British Council Indonesia Foundation dan PT Bank HSBC Indonesia bekerja sama dengan Dinas Pendidikan DKI Jakarta menyelenggarakan ajang ‘Career Day’ khusus bagi para lulusan Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) di DKI Jakarta.

Bertempat di Dinas Pendidikan DKI Jakarta, acara yang dihadiri sekitar 400 orang lulusan SMK, para guru, serta perusahaan ini merupakan bagian dari ‘Program Work Ready’ yang bertujuan untuk membekali pelajar dan guru SMK dengan pengetahuan dan keterampilan untuk menghadapi tuntutan kompetensi sumber daya manusia Indonesia di era industri 4.0.

Program Work Ready yang terdiri atas komponen core skills dan soft skills terlaksana sejak September 2018 dan hingga kini telah melatih 100 guru, 100 pelajar, dan 20 Kepala Sekolah di 10 SMK terpilih di Jakarta.

Melalui pelatihan Core Skills, guru dilatih untuk mengintegrasikan keterampilan abad ke-21 dalam proses belajar-mengajar, seperti berpikir kritis, kolaborasi, kreativitas, kepemimpinan, dan literasi digital.

Pelajar SMK dibimbing untuk mengembangkan soft skills melalui pembelajaran berbasis proyek, kompetisi serta dilatih keterampilan praktis untuk kesiapan kerja seperti teknik komunikasi dalam wawancara, menyiapkan CV, serta mencari pekerjaan secara daring (online).

Adapun 10 SMK yang terlibat dalam Program Work Ready adalah SMKN 13, 27 36, 20,56, 24, 57, 26, SMK Islam PB Soedirman 2, serta SMK Perguruan Cikini

“Kami percaya meningkatkan kualitas pendidikan nasional memerlukan kolaborasi.

Untuk itu, kami sangat senang dengan program Work Ready yang dilaksanakan melalui kerja sama dengan HSBC Indonesia dan British Council untuk meningkatkan kapasitas lulusan SMK di Jakarta.

Program ini semakin diperlukan karena kompetisi sekarang semakin ketat. Kemampuan komunikasi interpersonal, berpikir kritis dan kecakapan teknologi adalah keharusan untuk anak SMK kita.

Saya juga berharap peserta program pelatihan bisa membagikan pengalamannya kepada teman-teman di SMK masing-masing agar semuanya gotong royong untuk siap menghadapi kompetisi dunia kerja”, kata Syaiful Hidayat, Pelaksana Harian Kepala Dinas Pendidikan Jakarta

Halaman
12
Editor: Kurniawati Hasjanah
Sumber: Tribun Jakarta
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved