Ibadah Haji 2019

Enggan Diistimewakan, Menag Lukman Hakim Saifuddin Pilih Ikut Antre Gunakan Toilet di Mina

Menteri Agama yang juga Amirul Hajj Indonesia, Lukman Hakim Saifuddin, harus mengantre seperti jemaah haji lainnya saat menggunakan toilet di Mina.

Enggan Diistimewakan, Menag Lukman Hakim Saifuddin Pilih Ikut Antre Gunakan Toilet di Mina
Tribunnews/Muhammad Husain Sanusi/MCH2019
Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin (kemeja hitam) antre bersama jemaah haji untuk menggunakan kamar mandi di Mina. 

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Muhammad Husain Sanusi Dari Mina

TRIBUNJAKARTA.COM, MINA - Fase mabit di Mina selalu menjadi permasalahan dalam setiap musim haji. Selain wilayahnya sempit, Mina tak memiliki fasilitas memadai termasuk fasilitas kamar mandi.

Padahal di saat bersamaan jutaan jemaah haji dari berbagai negara tumplek blek berada di Mina.

Hampir semua jemaah haji tak pandang bulu merasakan susahnya memenuhi kebutuhan dasarnya selama berada di Mina. Tak terkecuali bagi Menteri Agama yang juga Amirul Hajj, Lukman Hakim Saifuddin.

Panjangnya antrean untuk menggunakan kamar mandi di Mina dirasakan juga oleh Amirul Hajj Indonesia.

Masuk antrean pukul 04.20 waktu Arab Saudi (WAS) , Menag dapat giliran masuk kamar mandi pada Selasa (13/8/2019) pukul 04.45 waktu Arab Saudi.

Saat Menteri Agama antre di depan kamar mandi, beberapa jemaah haji mengenali dan mempersilahkan untuk maju lebih dulu, tapi Menag memilih menunggu antrean sesuai kedatangan.

Lebih lima tahun menjabat Menteri Agama, Lukman terus mendorong Pemerintah Arab Saudi untuk meningkatkan kualitas layanan di Mina, utamanya terkait tenda dan kamar mandi (toilet).

Terbaru, saat bertemu Menteri Haji dan Umrah Arab Saudi Muhammad bin Salih Banten, serta Gubernur Makkah Khalid Al Faishal bin Abdul Aziz, Menag kembali menegaskan pentingnya percepatan renovasi Mina agar tenda dan kamar mandi lebih memadai.

“Mina ini selalu menjadi masalah dari tahun ke tahun, Mina tidak bisa diperluas melebar karena memang ketentuan syariat seperti itu, solusinya kita meminta Pemerintah Arab Saudi melebarkan ke atas yaitu tenda bertingkat. Mudah-mudahan ini bisa menjadi solusi di tahun-tahun selanjutnya,” ujar Lukman.

Editor: Y Gustaman
Sumber: Tribunnews
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved