Jakob Oetama Raih Penghargaan Achmad Bakrie 2019

Jakob Oetama meraih Penghargaan Achmad Bakrie (PAB) 2019 dengan predikat bapak jurnalisme modern Indonesia.

Jakob Oetama Raih Penghargaan Achmad Bakrie 2019
TribunJakarta.com/Muhammad Rizki Hidayat
Sastrawan Ashadi Siregar, Wakil Pemimpin Umum Kompas Rikard Bagun, Ketua Penyelenggara PAB 2019 Ardiansyah Bakrie, Dokter Anna Alisjahbana, Dokter Anawati, dan perwakilan Freedom Institute Rizal Mallarangeng, pada konferensi pers di XXI Ballroom Gedung Djakarta Theatre Lantai 2, Jalan MH Thamrin, Jakarta Pusat, Rabu (14/8/2019). 

Laporan Wartawan TribunJakarta.com, Muhammad Rizki Hidayat

TRIBUNJAKARTA.COM, TANAH ABANG - Jakob Oetama meraih Penghargaan Achmad Bakrie (PAB) 2019 dengan predikat bapak jurnalisme modern Indonesia.

Hal itu dikatakan langsung oleh Ketua Penyelenggara PAB 2019, Ardiansyah Bakrie di XXI Ballroom Gedung Djakarta Theatre Lantai 2, Jalan MH Thamrin, Jakarta Pusat, Rabu (14/8/2019).

"Kami memberi Penghargaan Achmad Bakrie ini kepada Pak Jakob Oetama dalam bidang jurnalisme," ucap Ardiansyah Bakrie.

Jakob Oetama, lanjutnya, memiliki kecerdikan visioner lantaran mampu membangun jurnalisme yang memungkinkan Kompas bertahan hingga saat ini.

Terlebih, kata dia, Kompas mampu menjadi bagian pilar demokrasi yang keempat di tengah iklim politik yang otoriter pada tahun 90-an.

"Kompas sebagai bagian pilar demokrasi yang keempat di tengah iklim politik yang otoriter, sekaligus kelompok usaha yang dinamis di tengah situasi ekonomi yang tak menentu," jelas Ardiansyah Bakrie.

Sebagai perwakilan yang menerima PAB 2019, Rikard Bagun, menyebut penghargaan tersebut luar biasa.

Sebabnya, kata Rikard Bagun, penghargaan tersebut didapatkan Jakob Oetama lantaran saat ini merupakan masa krisis penghargaan terhadap jurnalisme.

"Dan maknanya yang berlipat-lipat, karena penghargaan ini diterima pada masa krisis penghargaan dari bangsa kita sekarang. Sikap saling menghargai itu sangat krisis besar," tutur Rikard Bagun, di tempat dan waktu yang sama.

Halaman
1234
Penulis: Muhammad Rizki Hidayat
Editor: Ferdinand Waskita Suryacahya
Sumber: Tribun Jakarta
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved