Rehabilitasi Tidak Menghilangkan Proses Hukum Terhadap Nunung

Azhar menuturkan proses hukum perempuan bernama asli Tri Retno Prayudati dan suaminya merupakan ranah penegak hukum sepenuhnya.

Rehabilitasi Tidak Menghilangkan Proses Hukum Terhadap Nunung
TRIBUNJAKARTA.COM/BIMA PUTRA
Dirut RSKO Jakarta dr. Azhar (tengah) Jaya di Ciracas, Jakarta Timur, Rabu (14/8/2019). 

Laporan Wartawan TribunJakarta.com, Bima Putra

TRIBUNJAKARTA.COM, CIRACAS - Dirut Rumah Sakit Ketergantungan Obat (RSKO) Cibubur, dr. Azhar Jaya memastikan proses hukum komedian Nunung dan July Jan Sambiran dalam perkara penyalahgunaan narkotika tetap berjalan.

Proses hukum bergulir seiring dimulainya proses rehabilitasi pasangan suami istri yang ditangkap anggota Direktorat Narkoba Polda Metro Jaya pada Jumat (19/7/2019) di RSKO Cibubur hari ini.

"Jadi ada dua kasus, yang pertama proses rehabilitasi dan kedua proses hukum. Proses rehab yang dijalani saudari N dan suaminya ini juga akan menjadi pertimbangan proses hukum," kata Azhar di RSKO Cibubur, Jakarta Timur, Rabu (14/8/2019).

Hal ini sesuai dengan isi UU Nomor 35 Tahun 2009 tentang Narkotika yang mengatur proses hukum dan rehabilitasi bagi penyalahguna narkotika.

Azhar menuturkan proses hukum perempuan bernama asli Tri Retno Prayudati dan suaminya merupakan ranah penegak hukum sepenuhnya.

"Jadi bukan berarti kalau Nunung di sini proses hukum berhenti, tidak. Masalah berhenti atau tidak kami serahkan ke aparat hukum," ujarnya.

Sidang Mutilasi Vera Oktaria: Terungkap, Imam Jual Motor Korban dan Sarankan Prada DP Bakar Jasad

Warga Perumahan di Serpong Utara Terganggu dengan Tumpukan Sampah yang Semakin Menggunung

Perihal lama proses rehabilitasi, Azhar menyebut pasien penyalahguna narkotika umumnya harus menjalani 3 sampai 6 bulan rehabilitasi tahap awal.

Lewat dari tenggat tersebut secara medis dokter baru dapat menentukan langkah medis yang diambil, di antaranya rawat jalan.

"Setelah itu kita bisa lakukan rehabilitasi rawat jalan dan sebagainya. Tapi sekali lagi masalah waktu tergantung dari psikisnya. Bisa lebih cepat dan sebagainya," tuturnya.

Nunung dan July Jan dapat menjalani rehabilitasi setelah Badan Narkotika Nasional Provinsi (BNNP) DKI Jakarta menyetujui asesmen yang diajukan penyidik Direktorat Narkoba Polda Metro Jaya.

Penyidik Direktorat Narkoba Polda Metro Jaya sendiri telah menyerahkan berkas perkara Nunung dan July Jan ke Kejaksaan Tinggi DKI Jakarta pada Kamis (1/8/2019).

Penulis: Bima Putra
Editor: Muhammad Zulfikar
Sumber: Tribun Jakarta
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved