Breaking News:

Datang ke Pameran Warisan Bisa Dapat Hadiah Jutaan Rupiah

Menurut Komarudin, saat ini masih ada saja masyarakat yang keliru dalam hal membeli batik asli atau tekstil yang diprint dengan motif batik.

TribunJakarta.com/Pebby Adhe Liana
Berbagai jenis kain batik, tenun dan mutiara asli Indonesia akan dipamerkan di JCC dalam Pameran Warisan tanggal 22 hingga 25 Agustus 2019, Rabu (14/8/2019). 

Laporan wartawan TribunJakarta.com, Pebby Adhe Liana

TRIBUNJAKARTA.COM, SUDIRMAN - Tiga produk wasiat asli Indonesia yakni batik, tenun, dan mutiara akan kembali dipamerkan dalam pameran Wasiat Agung Negeri Nusantara (Warisan) di Jakarta Convention Center (JCC) Senayan pada 22 Agustus hingga 25 Agustus 2019 mendatang.

Digelar untuk keempat kalinya, pameran Warisan tahun ini akan disertai dengan kegiatan kuis tebak keaslian Bahtera (Batik, Tenun, dan Mutiara) yang bisa diikuti oleh para pengunjung yang datang.

"Untuk melanjutkan kesuksesan Pameran Warisan sebelumnya, tahun ini akan diramaikan juga dengan pertunjukan musik tradisional, hingga kuis tebak keaslian Bahtera dengan total hadiah jutaan rupiah," kata Project Manager Pameran Warisan 2019 Hadi Sunarno dalam keterangannya, Kamis (15/8/2019).

Sebelumnya, salah satu kurator dari Pameran Warisan tahun ini yakni Komarudin mengatakan banyak sekali produk-produk tiruan yang nyaris tak bisa dibedakan keasliannya oleh masyarakat.

Terutama dalam hal batik. Menurut Komarudin, untuk produk batik sekitar harga Rp 500 ribuan hingga Rp 1 jutaan, itu terbilang produk yang rawan.

"Harga batik Rp 500 ribu sampai Rp 1 juta itu sangat rawan. Jadi tekniknya itu adalah paduan tiruan batik. Jadi pertama disablon terlebih dahulu itu motif-motifnya baru setelah itu di batik. Nah susah sekali membedakan konsumen itu jika tidak dipandu oleh orang yang mengerti di bidangnya," kata Kurator Batik Komarudin.

SEDANG BERLANGSUNG Live Streaming Big Match Arema FC Vs Persebaya Surabaya, Tonton di HP

Menurut Komarudin, saat ini masih ada saja masyarakat yang keliru dalam hal membeli batik asli atau tekstil yang diprint dengan motif batik.

Melalui program ini, diharapkan Pameran Warisan bisa mengedukasi masyarakat mengenai berbagai produk asli Indonesia dengan produk yang tiruan.

Begitupun dengan kain tenun dan mutiara.

"Jadi memang diharapkan pameran ini sekaligus bisa mengedukasi masyarakat," kata dia.

Pameran ini akan digelar secara gratis jika para pengunjung menggunakan gaya busana dengan sentuhan batik, atau tenun, atau mutiara.

Sementara jika tidak menggunakan salah satu dari tiga produk tersebut, pengunjung akan dikenakan biaya masuk Rp 100 ribu.

Penulis: Pebby Ade Liana
Editor: Muhammad Zulfikar
Sumber: Tribun Jakarta
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved