Bersaing Jadi Sekolah Sehat, SDN Cilangkap 01 Mulai Kurangi Sampah Plastik

Turut membantu mengurangi sampah plastik, penggunaan tumbler mulai gencar disosialisasikan sejak beberapa bulan belakangan.

Bersaing Jadi Sekolah Sehat, SDN Cilangkap 01 Mulai Kurangi Sampah Plastik
Tribunnews.com/Wahid Nurdin
Ilustrasi Kantong Plastik 

Laporan Wartawan TribunJakarta.com, Nur Indah Farrah Audina

TRIBUNJAKARTA.COM, CIPAYUNG - Tahun ini SDN Cilangkap 01 Pagi, Cipayung, Jakarta Timur berencana mengurangi penggunaan plastik dilingkungan sekolah.

Turut membantu mengurangi sampah plastik, penggunaan tumbler mulai gencar disosialisasikan sejak beberapa bulan belakangan.

Baik siswa maupun guru sudah di SDN Cilangkap 01 Pagi sudah sebagian besar membawa tumbler ke sekolah.

"Kita coba dari pihak guru dan hasilnya ternyata efektif. Kemudian ke para siswa dan alhamdulillah sebagian besar sudah mulai membawa botol minum sendiri," ungkap Kepala Sekolah SDN Cilangkap 01 Pagi Ponimin saat ditemui, Jumat (16/8/2019).

Tahun Depan, Pedagang Batang Pinang Dilarang Berjualan di Taman Manggarai

Ia mengatakan PR-nya saat ini ialah melakukan sosialisasi lanjutan di area kantin. Nantinya sebanyak 6 kantin yang ada akan diimbau untuk mengurangi penjualan botol minuman kemasan.

"Kalau penggunaan styrofoam sudah aman ya. Karena beberapa kantin sudah menggunakan wadah bambu. Hanya saja minuman kemasan masih ada, karena enggak semua anak membawa botol minum. Untuk itu kita sediakan tempat sampah khusus untuk botol kemasan. Nanti rencana saya tahun ini kita sudah bebas dari penggunaan plastik," lanjut dia.

Untuk itu ia berharap adanya dukungan dari pihak orang tua murid dan penjual makanan dari kantin. Sebab tahun ini SDN Cilangkap 01 Pagi menjadi perwakilan lomba sekolah sehat tingkat Kota Administrasi Jakarta Timur dan tinggal menunggu keputusan saja.

Penulis: Nur Indah Farrah Audina
Editor: Muhammad Zulfikar
Sumber: Tribun Jakarta
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved