Reaksi Wali Kota Tangerang Dipanggil Kemendagri Soal Plesiran ke Luar Negeri

"Kami sudah jelaskan kaitan dengan perjalanan dinas, karena kami sudah ada permohonannya. Ada pengajuan izin ke luar negerinya," katanya.

Reaksi Wali Kota Tangerang Dipanggil Kemendagri Soal Plesiran ke Luar Negeri
TribunJakarta.com/Ega Alfreda
Wali Kota Tangerang, Arief R Wismansyah saat mengunjungi Pasar Anyar Tangerang yang akan direvitalisasi akhir tahun 2019 oleh Pemerintahan Kota Tangerang, Sabtu (4/5/2019). 

Laporan Wartawan TribunJakarta.com, Ega Alfreda

TRIBUNJAKARTA.COM, TANGERANG - Wali Kota Tangerang, Arief R Wismansyah mendapat perhatian lebih dari pemerintahan pusat.

Kali ini Arief mendapat sorotan dari Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) pada sebelumnya berseteru dengan Kementerian Hukum dan HAM (Kemenkumham).

Kali ini Kemendagri menyoroti kelakuan Arief yang dianggap menyalahgunakan wewenangnya.

Yaitu pelesiran alias jalan-jalan ke luar negeri tanpa izin resmi dari Kemendagri beberapa waktu lalu.

"Kami sudah jelaskan kaitan dengan perjalanan dinas, karena kami sudah ada permohonannya. Ada pengajuan izin ke luar negerinya, dan banyak hal lah jadi tinggal tunggu jawaban dari Kemendagri saja," bantah Arief di Pusat Pemerintahan Kota Tangerang, Rabu (21/8/2019).

KPAI Minta Wali Kota Tangerang Selatan Tanggung Jawab Soal Kasus Tewasnya Calon Paskibraka AQ

Terakhir kali Arief pelesiran ke luar negeri diketahui pada bulan Juni bersama keluarganya dan dijelaskannya ada urusan keluarga dan sudah meminta izin Gubernur Banten, Wahidin Halim.

Sementara pada bulan-bulan sebelumnya Arief mengaku pergi ke luar negeri dalam rangka umrah.

"Yang bulan Februari itu ajuin cuti umrah, lalu Maret ajuin cuti izin nengokin pak Ismed. Bulan Juni saya izin ada urusan kepentingan keluarga dan saya ngadep langsung ke pak gubernur (Wahidin) dan beliau bilang iya, tapi suratnya enggak dijawab," kata Arief.

Sedangkan, surat pemanggilan Kemendagri kepada Arief sudah dilayangkan sejak 15 Agustus 2019.

Sebelumnya Kemendagri menerima sejumlah laporan pada 1 Agustus 2019 berisikan laporan Arief yang selalu pelesiran ke luar negeri.

"Berdasarkan hasil verifikasi terhadal databese perjalanan dinas luar negeri, tidak terdapat pengajuan permohonan ke luar negeri bagi Wali Kota dan rombongan ASN Kota Tangerang dalam kurun waktu yang dilaporkan," tulis surat pemanggilan Arief nomor 099/7964/SJ.

Penulis: Ega Alfreda
Editor: Wahyu Aji
Sumber: Tribun Jakarta
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved