Studi Banding, Delegasi Vietnam Berencana Ikuti Langkah TransJakarta Dalam Pengoperasian Bus

Baik pihak PT TransJakarta maupun Vietman saling berbagi cerita dan pengalaman bahkan bertukar ilmu terkait pengoperasian bus.

Studi Banding, Delegasi Vietnam Berencana Ikuti Langkah TransJakarta Dalam Pengoperasian Bus
TribunJakarta/Nur Indah Farrah Audina
Suasana penerimaan delegasi Vietnam untuk melakukan studi banding terkait sistem tranportasi di Jakarta di Kantor PT TransJakarta, Makasar, Jakarta Timur, Kamis (22/8/2019). 

Laporan Wartawan TribunJakarta.com, Nur Indah Farrah Audina

TRIBUNJAKARTA.COM, MAKASAR - Direktur Utama PT Transportasi Jakarta (TransJakarta) Agung Wicaksono ungkap Vietnam berencana mengikuti langkah TransJakarta dalam pengoperasian bus.

Sejak pagi hingga siang hari ini, PT Transjakarta menerima kedatangan sejumlah delegasi dari Vietnam tepatnya dari Kota Ho Chi Minh.

Perwakilan Vietnam tersebut terdiri dari Politisi Vietnam H.E. Dr Nguyen Thien Nhan, Sekretaris Komite Partai Pusat Kota Ho Chi Minh dan Duta Besar Republik Sosialis Vietnam untuk Negara Indonesia H.E Pham Vinh Quang beserta rombongan.

Selanjutnya, mereka diarahkan ke Ruang Harmoni (Auditorium) lantai G PT TransJakarta, Cawang, Makasar, Jakarta Timur.

Baik pihak PT TransJakarta maupun Vietman saling berbagi cerita dan pengalaman bahkan bertukar ilmu terkait pengoperasian bus.

Agung menceritakan pencapaian pertumbuhan penumpang PT TransJakarta yang berhasil selama periode 5 tahun belakangan dengan presantase yang cukup tinggi. Bahkan hampir menginjak angka 300%.

"Saya menceritakan soal tranportasi di Jakarta Kemudian bagaimana perkembangan dari 2014-2019 ketika TransJakarta menjadi PT. Itu jumlah pelanggan kita bertambah pesat jadi 267% hampir 300%. Jadi 3 kali lipat dari 300 ribu/hari sekarang hampir 850 ribu/hari. Itu yang mereka apresiasi dan belajar dari kita," katanya di lokasi, Kamis (22/8/2019).

Mengetahui pencapaian ini, H.E. Dr Nguyen Thien Nhan semakin tertarik untuk melakukam studi banding terutama pada sistem Bus Rapid Transit (BRT). Sebab BRT yang ada di Jakarta merupakan transportasi BRT terpanjang di dunia dengan panjang lintasan TransJakarta 230,9 km.

Cerita Suparman, Penjual Warteg Keliling Naik Motor: Langganan Ojol hingga Banjir Pesanan Saat Demo

Jusuf Kalla Kunjungi Masjid Istiqlal, Protokol: Kami melihat Pak Jusuf Kalla Sangat puas

Video Vina Garut: V Takut Dimarahi Suami Jika Menolak Dijajakan, Pilih Terpaksa Menikmati

"Vietnam sedang berada dalam pengembangan transportasi. Maka dari itu mereka melakukan studi banding dengan kita yang juga memiliki BRT terpanjang. Kalau dari cerita pihak Vietnam, di sana baru ada 8 rute dengan 100 ribu pelanggan perhari," lanjutnya.

Rencananya usai pertemuan hari ini, pihak Vietnam berencana datang kembali ke PT TransJakarta. Tindak lanjut kunjungan hari ini nantinya akan berguna ketika delegasi Vietnam menerapkan layanan Transportasi Jakarta sebagai acuan untuk diimplementasikan di Kota Ho Chi Minh.

Penulis: Nur Indah Farrah Audina
Editor: Erik Sinaga
Sumber: Tribun Jakarta
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved